MWLK ASCARYA 2024: Asyiknya Praktik Menulis Berita di Pertemuan Keempat

SEPUTAR FEB Tak ada komentar pada MWLK ASCARYA 2024: Asyiknya Praktik Menulis Berita di Pertemuan Keempat

Sabtu, 27 April 2024 pukul 14.00 WIB telah dilaksanakan Maba Wajib LK (MWLK) KBM Ascarya Journalistic Club (AJC). Dalam pertemuan ke-4 kali ini turut menghadirkan pembicara yang berasal dari SCIENTIARUM (merupakan lembaga pers di Universitas Kristen Satya Wacana) bernama Reyvan Andrian Kristiandi (Ilmu Komunikasi, 21). Beliau membawakan materi mengenai “Teknik Penulisan Berita”. Setelah Minggu sebelumnya juga membawakan materi, dalam kesempatan Minggu ini pada tanggal 27, April 2024 kak Reyvan melakukan praktik teknik penulisan berita.

Pada pertemuan MWLK yang kedua ini, dengan menghadirkan pembicara yaitu kak Reyvan dengan materi yang dibawakannya merupakan kelanjutan dari materi minggu sebelumnya Sabtu, 20 April 2024. Pada Sabtu, 20 April 2024 diberikan materi mengenai Media Massa, Pers, dan Teknik Menulis Berita. Lanjutan dari MWLK pertemuan ke-3, pada MWLK pertemuan ke-4 kali ini materi yang dibawakan mengenai praktik teknik penulisan berita. Kak Reyvan langsung menunjukkan hasil dari penulisan yang telah dilakukan disertai penjelasan mengenai unsur berita. Peserta MWLK diberikan penjelasan mengenai 2 jenis berita yaitu Straight News dan Feature. Peserta diperlihatkan contoh hasil berita yang telah diposting oleh lembaga pers kampus yaitu SCIENTIARUM. Bagaimana kedua berita ini memiliki perbedaan yang bertolak belakang. 

Sharing yang dilakukan tentang pengalaman tugas dalam penulisan berita, kak Reyvan mengajak peserta MWLK untuk sharing mengenai kesulitan dalam penulisan berita. Beberapa peserta menjawab sejauh mereka mengerjakan tidak mengalami kesulitan. Setelah sharing selesai pemberian materi ditutup dan dilanjutkan dengan penyerahan plakat kepada kak Reyvan atas partisipasi sebagai pembicara. Pemberian plakat disertai dengan dokumentasi dan dilanjutkan dengan penutupan. 

Penulis: Tim Redaksi AJC

Leave a comment

Back to Top