MWLK ASCARYA 2024: Mempelajari Teknik Menulis Cerpen, Pantun, dan Puisi Bersama Peserta MWLK

KAMPUS, MWLK, SEPUTAR FEB, UKSW Tak ada komentar pada MWLK ASCARYA 2024: Mempelajari Teknik Menulis Cerpen, Pantun, dan Puisi Bersama Peserta MWLK

Pertemuan kedua Maba Wajib Lembaga Kemahasiswaan (MWLK)  yang dilaksanakan pada Sabtu 13 April 2024 pukul 14.00 WIB, secara online dengan menggunakan platform Google Meet. Selama kegiatan MWLK berjalan yang memandu acara sebagai MC adalah Restra dan Debora yang merupakan bagian fungsio Ascarya Journalistic Club.

Pada pertemuan MWLK yang  kedua membahas mengenai  “Teknik menulis Cerpen, Pantun dan Puisi”,  materinya dipaparkan oleh Aerine dan Jessica yang merupakan BPH Ascarya Journalistic Club. Dalam pemaparan materi tersebut dapat diketahui oleh peserta MWLK bahwa cerpen adalah persoalan menulis masalah manusia dan kemanusiaan, dalam penulisan cerpen itu alur nya harus dapat memikat supaya pembaca tertarik dalam membaca cerpen yang dibuat. Untuk pantun terbagi menjadi beberapa bagian yaitu pantun jenaka, pantun nasehat, pantun teka-teki, dan pantun kiasan. Sedangkan untuk puisi itu cara awal pembuatan puisi adalah menentukan tema, menentukan judul (singkat, padat, dan menarik perhatian), menentukan suasana, menggunakan majas, dan jujur dalam mengungkapkan gagasan. Peserta MWLK disarankan agar dalam menulis cerpen, puisi dan pantun dilakukan secara jujur yang dimana sesuai dengan apa yang dirasakan dan diungkapkan, tak perlu berlebihan dalam penulisannya karena para pembaca juga bisa merasakannya. 

Setelah pemaparan materi oleh kedua pemateri, maka dilanjutkan dengan sesi games yang disediakan untuk peserta MWLK dengan menggunakan kahoot yang dipandu oleh Seftya dan Yohana. Game nya memuat mengenai materi yang tak jauh berbeda dari yang  dipelajari hari ini dengan berjumlah 12 pertanyaan. Pada sesi game dimenangkan oleh tiga peserta yaitu pemenang pertama Aqiila, pemenang kedua Syela dan pemenang ketiga Nisha, pemenang game akan diberikan reward berupa e-money/ gopay.

Pada sesi akhir MWLK ditutup dengan sesi dokumentasi oleh seluruh peserta dan fungsio Ascarya journalistic Club.

Penulis: Tim Redaksi AJC

Leave a comment

Back to Top