Selamat! Debora Shanata Santoso, Fungsionaris AJC Lolos IISMA ke Vytautas Magnus University di Lithuania

SEPUTAR FEB Tak ada komentar pada Selamat! Debora Shanata Santoso, Fungsionaris AJC Lolos IISMA ke Vytautas Magnus University di Lithuania

Membanggakan, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) kembali meloloskan salah satu mahasiswa sebagai penerima beasiswa Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2024. Mahasiswa tersebut adalah Debora Shanata Santoso dari Program Studi (Prodi) Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis yang lolos ke Vytautas Magnus University (VMU) di Lithuania.

Indonesian International Student Mobility Awards atau yang kita kenal dengan singkatan IISMA, merupakan sebuah program beasiswa yang ditawarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang memberikan pendanaan kepada pelajar di Indonesia untuk program mobilitas selama satu semester di universitas dan industri ternama di dunia.

Perjalanan saat mendapatkan beasiswa IISMA sungguh melelahkan. Apalagi pada saat mendaftar IISMA, Debora sedang berada di semester antara dan mengambil mata kuliah Metodologi Penelitian, tetapi Debora bersyukur karena telah melewatinya dengan baik, serta bangga bisa menjadi salah satu awardee IISMA 2024.

Dalam proses pendaftaran, Debora menyampaikan ia melewati tahap seleksi. Pada seleksi internal UKSW, terdiri atas seleksi berkas, tes essay, tes Bahasa Inggris IELTS/TOEFL/Duolingo, dan tahap interview. Setelah melewati serangkaian seleksi internal UKSW, ia melanjutkan untuk mendaftar ke website IISMA dan harus melewati beberapa seleksi diantaranya seleksi berkas termasuk essay dan tes bahasa Inggris, dilanjutkan dengan tes kebhinekaan, dan terakhir tahap interview.

Perjalanannya dalam mendaftar IISMA juga melibatkan dosen. “Aku mendapatkan bimbingan dan support dari sejumlah dosen dan Kantor Urusan Internasional (KUI) UKSW. Untuk mengerjakan essay, aku juga dibantu proofread oleh sejumlah dosen”, tuturnya. Selain bantuan dari para dosen, tentunya tak luput pula dari support penuh yang diberikan oleh orang tuanya.

Sangat Menginspirasi

Saat diwawancarai belum lama ini, Debora menuturkan bahwa dirinya ingin mendapatkan ilmu dan pengalaman secara global, karena pasti sistem pembelajaran di sana berbeda dengan di Indonesia. Debora juga ingin memperluas koneksi, belajar tentang budaya setempat, dan tentu saja ingin membanggakan kedua orang tuanya.

Debora mengajak dan memberikan tips yang bisa dicoba oleh teman-teman mahasiswa yang tertarik untuk ikut mendaftar IISMA.

“Ayo daftar IISMA, karena aku yakin IISMA ini bisa memberikan kita banyak banget peluang dikemudian hari. Jangan takut buat daftar, yang penting kita coba, berusaha, dan berdoa. Aku selalu berpikir, kalau kita nggak pernah coba, peluang diterimanya itu bener-bener 0%. Tapi kalau kita mencoba, kita masih ada peluang 50% buat diterima. Jadi, mending coba kan? Tipsnya banyak sebenernya, tapi untuk di awal mungkin bisa mulai dengan latihan bahasa Inggris, bisa gratis lewat YouTube, lalu kita perlu percaya diri juga,” tuturnya.

Debora juga menyampaikan harapannya setelah lolos IISMA 2024.

“Semoga disana aku bisa belajar banyak, mendapatkan ilmu dan pengalaman lebih luas lagi dan pada akhirnya ketika aku kembali aku bisa memberikan dampak positif bagi orang-orang disekitarku”, pungkasnya.

 

Leave a comment

Back to Top