Thursday, 1/10/2020 | 3:22 UTC+0
Ascarya Journalistic Club

Career Workshop: Memasuki Lingkungan Kerja

            Salatiga, Rabu (6/3/2019) SWCA bekerja sama dengan PT Abati Group kembali menyelenggarakan seminar seputar dunia kerja dengan tema Adversity at work di gedung E119 UKSW. Acara tersebut berlangsung dari pukul 10.00 – 11.30 WIB. Ibu Sessita Suseno selaku manajer Abhati Group menjadi pembicara dalam seminar tersebut. Materi yang beliau bawakan adalah tentang kehidupan dalam dunia kerja.

             Seminar dimulai dengan mengadakan voting tentang masalah dalam dunia bekerja. Hasil voting terbanyak yaitu: mengenai lingkungan sosial yang tidak nyaman, sosial dan prasarana, serta loading pekerjaan yang besar. Selanjutnya Ibu Sita membahas satu persatu permasalahan tersebut.

           Lingkungan sosial yang tidak nyaman menjadi hasil voting tertinggi. Ibu Sita mencontohkan senioritas, atasan-bawahan, dan politik kantor. Hal tersebut menyebabkan adanya tekanan sosial. Akibatnya terjadi kesenjangan, penurunan peforma kerja, dan interaksi sosial.

             Sarana dan prasarana juga menjadi kendala. Hal ini karena menyangkut masalah sistem dan teknologi di tempat kerja. Kendalanya karena sarana dan prasarana menjadi penghubung untuk menyelesaikan pekerjaan. Loading / beban pekerjaan yang banyak misalnya, banyaknya jam kerja dan pekerjaan yang dilakukan. Dalam dunia kerja kita diuji bagaimana kita menanggapinya.

             Selanjutnya Ibu sita memberikan tips bagaimana cara menghadapi permasalahan tersebut. Pertama yaitu ownership, dimana kita harus menciptakan tujuan kita. Pastikan pekerjaan kita bisa mencapai tujuan tersebut. Kedua yaitu control, kita bisa membuat prioritas dari pekerjaan agar selesai tepat waktu. Ketiga yaitu reach the goal, fokus dalam mencapai tujuan dengan tidak membuang-buang waktu. Terakhir yaitu endurance, memulai dari diri sendiri. Ketika kesulitan mengerjakan pekerjaan kita bisa membaginya dengan rekan kerja kita. Hal ini membuat pekerjaan kita efektif dan dapat membangun relasi.

            Diakhir acara ibu Sita berpesan bahwa pekerjaan tidak selamanya sesuai passion. Namun, lambat laun kita akan menikmati pekerjaan itu seiring waktu. “Do what you have to do, not only what you like to do” ujar ibu Sita menutup acara.

Iranti Ananda Isaputri, Mahasiswi Program Studi Manajeman, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Angkatan 2018, Maba Wajib LK Ascarya Journalistic Club 2018-2019

Penyunting : Harti Purnamasari.      

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan via Surel

Masukkan alamat surel Anda untuk mendapatkan kabar terbaru dari Ascarya dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

KONTAK ASCARYA

Email: ascarya.feb@student.uksw.edu

Phone: 0858-4868-2470 (Armita)

Address: Jalan Diponegoro No. 52-60 Salatiga