Sunday, 16/12/2018 | 3:45 UTC+0
Ascarya Journalistic Club

Basket Putra FEB Juarai POM UKSW 2018

Partai terakhir Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) UKSW 2018 digelar di GOR Lab Satya Wacana, Salatiga. Acara ini diawali dengan kedatangan mantan pemain timnas Indonesia, Kelly Purwanto. Setelah itu acara dilanjutkan dengan partai final basket putra antara Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) melawan Fakultas Teknologi Informasi (FTI) pada Kamis (29/3/2018). FEB yang dimotori oleh Sunu Wicaksono dan Dimas Sadewo langsung menggebrak di awal pertandingan.

Sementara FTI juga memberikan perlawanan yang sengit melalui aksi para bigman mereka yang berpostur lebih tinggi dari para bigman lawan. Hal ini menguntungkan FTI dengan banyaknya bola rebound yang berhasil mereka tangkap.

Sepanjang kuarter pertama dan kuarter kedua, FEB banyak melalukan percobaan three point dan permainan post up. Sedangkan FTI memainkan permainan low post melalui para bigman mereka. Kuarter kedua  ditutup dengan keunggulan FEB 41-36.

Tim basket FEB bersama dengan pelatih sedang menyusun strategi

Memasuki kuarter ketiga, intensitas serangan FTI semakin agresif, sedangkan FEB sedikit kehilangan ritme permainan mereka. Pertandingan yang memanas mengakibatkan kedua tim melakukan banyak pelanggaran akan tetapi FTI memang bermain lebih baik sepanjang kuarter tersebut. Alhasil FTI berhasil unggul 10 poin atas FEB pada akhir kuarter ketiga.

Di kuarter keempat, FEB balik menekan FTI lewat strategi full court pressure defense  sehingga beberapa kesalahan mulai dilakukan oleh para pemain FTI. Hal ini dimanfaatkan oleh FEB untuk menipiskan ketertinggalan. Pada akhir kuarter, Sunu Wicaksono menjadi pembeda melalui aksi clutch three point serta dua kali lemparan free throw sehingga skor menjadi sama 59-59 dengan 3 detik waktu yang tersisa. Di waktu yang tersisa possesion ball masih untuk FTI, namun kelengahan dilakukan oleh pemain FTI sehingga mengakibatkan turnover yang kemudian berhasil direbut oleh Sunu. Sunu langsung melakukan sprint dan layup sehingga skor pun berubah menjadi 61-59 keunggulan bagi FEB. Pada kuarter ini FEB berhasil melakukan comeback dengan sangat baik.

Para pemain dan suporter FEB mengeluarkan ekspresi kegembiraan mereka setelah pertandingan tersebut. FEB pun berhasil keluar sebagai juara pertama pada cabang basket di perhelatan POM UKSW 2018 baik untuk kategori putra maupun putri.

Yogie Bastian Kurniawan, mahasiswa jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, angkatan 2015, Staf Redaksi Majalah E-Time Ascarya Journalistic Club 2017-2018.

Penyunting: Eva Ariyanti Paramita

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan via Surel

Masukkan alamat surel Anda untuk mendapatkan kabar terbaru dari Ascarya dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

KONTAK ASCARYA

Email: ascarya.feb@student.uksw.edu

Phone: 0858-4868-2470 (Armita)

Address: Jalan Diponegoro No. 52-60 Salatiga