Sunday, 27/5/2018 | 9:41 UTC+0
Ascarya Journalistic Club

Kenalkan Dunia Jurnalistik Melalui Workshop Jurnalistik 2018- Hari kedua

Selasa (13/12/2018), peserta dan panitia kegiatan berkunjung ke Kompas. Dalam sesi diskusi selama dua jam, Kompas menjelaskan tentang aktivitas produksi berita. “Produk berita kompas.com, kompas.id, koran cetak, dan kompas tv yang semua dikemas untuk memuaskan kebutuhan publik dan menyesuaikan dengan perkembangan teknologi,” kata Chrismahendra yang disapa Aris, selaku Kepala Divisi Bisnis.

Kompas menyediakan kesempatan bagi perguruan tinggi untuk bekerja sama dalam program kompas kampus dan magang kerja. Program Kompas Kampus dituangkan dalam pelatihan jurnalistik dan perekrutan lowongan kerja di kampus. “Kompas menyediakan pelatihan menulis artikel setiap beberapa bulan bagi kalangan umum dan job fair dengan menghadirkan pimpinan Kompas,” kata Aris.

Selain itu, Kompas membuka kesempatan magang di divisi redaksi dan divisi bisnis. Magang redaksi mencangkup pekerjaan administrasi kantor. “Kompas tidak memberi tugas bagi mahasiswa magang untuk meliput di lapangan,” kata Aris. Sedangkan, magang divisi bisnis mencangkup pekerjaan sebagai event organizer yang diminta oleh kilen.

Setelah berkunjung ke Kompas, peserta diberi kebebasan untuk mencari ide tulisan dengan didampingi oleh fasilitator di sekitar Kota Lama, Semarang. “Buat saya menulis memang susah, tapi karena dapat materi sebelumnya dan ditemani LO jadi terbantu, seneng sih bisa nambah pengalaman juga,” ujar Putriana Yulianti Sahara.

Mini kompetisi menulis dan membuat berita foto menjadi penutup dalam kegiatan workshop jurnalistik. Hal ini sejalan dengan tema kegiatan, yaitu ‘menulis dahulu dapat hadiah kemudian’. Memey berharap bahwa kegiatan ini dapat menggugah minat mahasiswa dalam hal menulis. “Bagi karya terbaik akan mendapatkan hadiah dari panitia”, kata Memey.

Berikut dokumentasi acara di Kompas:

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Berikut dokumentasi di Kota Lama:

 

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

 

 

Armita Retno Wijayantimahasiswi jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, angkatan 2015, Pemimpin Umum KBM Ascarya Journalistic Club periode 2017-2018

Penyunting: Theresia Gracia Agatha

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan via Surel

Masukkan alamat surel Anda untuk mendapatkan kabar terbaru dari Ascarya dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

KONTAK ASCARYA

Email: ascarya.feb@student.uksw.edu

Phone: 0858-4868-2470 (Armita)

Address: Jalan Diponegoro No. 52-60 Salatiga