Wednesday, 23/8/2017 | 6:20 UTC+0
Ascarya Journalistic Club

Bagaimana Membagi Waktu antara Kuliah dan Berorganisasi ?

2528Jangan-2529-2BTinggalkan-2BKuliahmu-2B-2521

Post by relatedRelated post



Organisasi merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dengan mahasiswa yang menimba ilmu di kampus. Jika seorang mahasiswa hanya bergulat dalam dunia kuliah saja, tanpa berusaha mengembangkan bakat dan jiwa kepemimpinannya, maka mereka akan gagap dalam bersosialisasi.

 
Sebagai seorang mahasiswa, kita dituntut untuk berperan aktif bukan hanya di dalam kelas saat perkuliahan namun, kita juga dituntut untuk aktif dalam berorganisasi atau kepanitiaan di kampus. Aktif dalam berorganisasi dan kepanitiaan di kampus akan menjadi pengalaman yang sangat berharga. Selain bermanfaat untuk menambah relasi, dan melatih mental, juga bisa kita jadikan pengalaman sebelum kita nantinya masuk ke dunia kerja.
 
Namun, sebagai mahasiswa, kita harus bisa membagi waktu antara kuliah dan berorganisasi. Kuliah dan berorganisasi harus berjalan seimbang, karena keduanya saling melengkapi dan memiliki peran penting untuk masa depan kita. Kami memiliki beberapa tips-tips untuk membagi waktu antara kuliah dan berorganisasi. Tips-tips ini kami rangkum dari hasil wawancara dengan beberapa mahasiswa FEB Universitas Kristen Satya Wacana. Tips-tipsnya antara lain :
1.      Membuat list
Cobalah untuk membuat list (daftar) kegiatan yang akan kita lakukan dalam satu hari. Dalam pembuatan list kita harus bisa menetukan mana kegiatan yang dapat didahulukan dan mana kegiatan yang bisa ditunda.
2.      Konsisten
Tetap utamakan kuliah. Jangan menjadikan berorganisasi sebagai alasan untuk mengganggu kuliah. Setelah selesai belajar dan mnegerjakan tugas kuliah, barulah mengerjakan tugas dalam berorganisasi dan kepanitiaan.
3.      Evaluasi kegiatan
Luangkan waktu saat istirahat malam untuk mengevaluasi dari setiap kegiatan yang kira-kira belum dilaksanakan hari itu. Setelah itu, masukkan jadwal kegiatan yang belum terlaksana tadi dihari lain untuk menghindari kelupaan.
4.      Jangan menunda
Usahakan semaksimal mungkin daftar kegiatan yang sudah dibuat untuk hari itu bisa dikerjakan semua. Menunda pekerjaan hari ini berarti menumpuk pekerjaan untuk hari esok.
5.      Posisi dalam Organisasi
Pilih posisi yang sesuai dengan kemampuanmu. Jangan memaksakan diri untuk berada diposisi yang tidak sesuai dengan kemampuanmu. Memaksakan diri pada posisi yang tidak sesuai dengan kemampuan, hanya akan membuat tugas dan tanggung jawab terlalaikan.
6.      Refreshing
Ibarat computer setelah digunakan, pasti banyak virusnya, nah sama sepertimanusia, kita pasti akan penat. Nah, sesibuk apapun kegiatanmu, sepenuh apapun jadwal kegiatanmu, usahakan luangkan waktu sekedar untuk bersantai. Jangan terlalu memaksakan dengan terus memompa tubuh dan otak untuk melakukan kegiatan yang berlebihan. Karena itu, coba cari cara untuk menghibur dirimu. Misalnya, melakukan hobby ataunongkrong dengan teman.
            Sekian tips-tipsnya, semoga bermanfaat bagi pembaca. Kami juga mengucapkan terima kasih untuk para narasumber: Theresia Mannuela (Manajemen 2012), Kotik Aptiyas (Ilmu Ekonomi  2012), Juna Baturante (Akuntansi 2012).

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan via Surel

Masukkan alamat surel Anda untuk mendapatkan kabar terbaru dari Ascarya dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

KONTAK ASCARYA

Email: ascarya.feb@student.uksw.edu

Phone: 0858-4868-2470 (Armita)

Address: Jalan Diponegoro No. 52-60 Salatiga