Monday, 18/12/2017 | 2:41 UTC+0
Ascarya Journalistic Club

K-Pop Menurut UKSW

Korean Pop atau yang biasa kita sebut dengan K-pop adalah jenis musik populer yang berasal dari Korea Selatan. K-pop lover adalah sebutan bagi mereka yang menyukai aliran musik dari korea ini. Di Indonesia sendiri, begitu banyak anak muda yang menyebut diri mereka sebagai k-pop lover. Bahkan di UKSW sendiri ada begitu banyak mahasiswa yang menyukai Korean Pop.
            K-pop tak lepas dari demam “Hallyu” yang biasa disebut dengan korean wave atau juga biasa disebut demam korea. Demam korea adalah sebutan bagi tersebarnya K-pop secara global atau mendunia. Indonesia termasuk salah satu negara yang terkena demam korea.
 Masuknya Korean pop di Indonesia diawali dengan diterimanya drama korea oleh masyarakat Indonesia. Dan setelah itu perlahan-lahan masyarakat Indonesia mulai menerima korean pop. Mereka mulai menggandrungi Boyband korea, seperti Super Junior, TVXQ, dan boyband korea lainnya.
Begitu banyak mahasiswa UKSW yang juga menggandrungi musik dari korea ini. Ada banyak alasan yang membuat mereka menyukai K-pop. Seperti yang diungkapkan Risvia Apriliawati, mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis angkatan 2010. Ia mengatakan bahwa hal yang membuatnya menyukai K-pop adalah lantaran lagu-lagunya enak didengarkan. Hal senada juga dikatakan oleh Gracella Theotama, mahasiswa progdi akuntansi angkatan 2013. Menurut Grace musik dari Korea itu easy listening.
Lain lagi dengan Nurliana Sari, mahasiswa Fakultas Sains dan Matematika. “Aku suka K-pop karena artisnya ganteng-ganteng dan cantik. Mereka juga benar-benar punya talenta dan nggak cuma aji mumpung,” begitu katanya ketika ditanya tentang alasannya menyukai K-pop.
            Selain menyukai artis dan lagunya, banyak juga penggemar K-POP yang juga menyukai budayanya. Menurut mereka banyak hal-hal menarik dari budaya korea. Florencia Irena, mahasiswa FISKOM angkatan 2013 ini mengatakan bahwa budaya K-pop yang disukainya adalah fashionnya. “Aku suka fashionnya yang simple dan nggak terlalu norak,” kata Florencia Irena. Iren, begitu sapaan akrabnya juga mengakui bahwa Ia juga mengikuti fashion mode yang sedang trend di Korea.
            “Aku suka sama kebiasaan membungkuk ketika bertemu dengan orang lain,” begitu kata Sari ketika ditanya budaya Korea yang disukainya. Menurutnya budaya membungkuk ketika bertemu orang lain menunjukkan bahwa mereka menghormati dan menghargai orang lain.
            Itulah beberapa hal yang membuat K-pop bisa dengan mudah masuk ke Indonesia dan digandrungi oleh para anak muda indonesia.

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan via Surel

Masukkan alamat surel Anda untuk mendapatkan kabar terbaru dari Ascarya dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

KONTAK ASCARYA

Email: ascarya.feb@student.uksw.edu

Phone: 0858-4868-2470 (Armita)

Address: Jalan Diponegoro No. 52-60 Salatiga