Monday, 18/12/2017 | 2:43 UTC+0
Ascarya Journalistic Club

Ketika Demam Smartphone Merajalela

Post by relatedRelated post

Ponsel adalah salah satu alat teknologi yang tidak asing lagi bagi kita. Selain mudah dibawa kemana-mana, sekarang ponsel sangat mudah di dapatkan dengan harga yang mudah di jangkau oleh masyarakat. Dari anak kecil, remaja hingga orang dewasapun di Indonesia hampir semua mempunyainya, tapi akhir-akhir ini lagi mem-booming ponsel pintar atau lebih di kenal dengan istilah Smartphone.
Adanya Smartphonesangat berfungsi baik untuk membantu pekerjaan, pembelajaran ataupun hiburan. Tetapi, seperti yang kita ketahui tidak ada teknologi yang tidak memiliki sisi negatif jika di salah gunakan. Maka dari itu, artikel ini akan membahas tentang smartphone serta sisi kelebihan, kekurangan, manfaat, dampak negatif dan cara mengatasinya.
Beberapa Smartphone yang lagi naik daun akhir-akhir ini adalah Blackberry dan Android. Kedua perusahaan tersebut sedang gencar-gencarnya untuk bersaing memperoleh hati para penggunannya. Di tahun 2010 Blackberry merajai ranah teknologi Smartphone, tapi pada pertengahan 2012 kedudukan Blackberry tergusur oleh Android. Bahkan sekarang Blackberry telah dibeli oleh Android. Jadi di Android pun kita bisa mengakses Blackberry Messeger.
Sekarang ini banyak handphone dari Negara China yang bahkan menawarkan produk Smartphone-nya yang berbasis android. Lambat laun semakin banyak orang yang menjual Smartphone di Indonesia yang  pada akhirnya Negara kita ini pun di banjiri oleh Smartphone. Hal itu membuat melambungnya permintaan Smartphone dan turunnya harga Smartphone, sehingga banyak orang Indonesia yang mempunyainya.
Karna masyarakat Indonesia menganggap bahwa Smartphone sudah menjadi gaya hidup, sehigga menjadikan penggunanya tidak hanya melingkupi kalangan kelas menengah atas saja, bahkan sampai kelas menengah bawah pun ikut serta. Namun banyak juga masyarakat Indonesia yang tidak bisa memakai Smartphone dengan maksimal dan cuman membeli Smartphone hanya karna tidak ingin dibilang Kudet atau Kurang Update.
Nah, maka dari itu supaya anda sebagai pengguna tidak hanya merasa memiliki Smartphone tanpa mengetahui seluk beluknya, disini saya akan memaparkan tentang Smartphone.
Kelebihan smartphone dibandingkan dengan handphone biasa lainya adalah Smartphonememilik aplikasi untuk mengolah internet dengan mudah  dan cepat. Tak hanya itu saja Smartphone juga menawarkan aplikasi untuk menyimpan data pribadi atau pun data pekerjaan anda yang bisa berupa Microsoft excel, Microsoft word, PDF,dll, dan anda bisa membukanya saat kuliah atau bekerja. Anda juga bisa memasukan film atau video clip yang anda sukai ke Smartphone anda, sehingga saat anda merasa bosan atau suntuk, anda bisa melihatnya dimanapun dan kapan pun tanpa harus repot-repot membawa laptop atau computer. Jika terdapat masalah pada laptop ataupun computer anda, dengan RealNVC versi mobile, anda dimungkinkan untuk mengecek dan memperbaiki komputer atau laptop melalui Smartphone anda.Kelebihan lainnya adalah anda bisa mendownload atau mengupgrade aplikasi yang terdapat di Smartphone anda secara free.
Namun sebagai ponsel pintar Smartphone tetap saja tidak bisa melindungi dirinya dari aplikasi-aplikasi yang merugikan. Misalnya Malware yang bisa saja mengambil data username dan password yang tersimpan di dalam Smartphone dan mengirimnya kepada pemilik aplikasi Malware tersebut. Untuk itu agar anda bisa melindungi smartphone anda dari ancaman Malware yang merugikan, berikut tips yang bisa anda terapkan.
Selalu waspada ancaman dari Malware. Jumlah malware ponsel pintar yang telah teridentifikasi cenderung lebih sedikit dibanding malware pada desktop atau laptop. Namun ancaman tersebut benar-benar ada, dan aplikasi yang lebih berbahaya terus muncul. Tetap waspada terhadap ancaman tersebut bisa jadi salah satu cara melindungi si Smartphone. Inilah ulasan cara untuk melindungi Smartphonemilik anda.
Pertama, hati-hati mendownload dan menginstall aplikasi di Smartphone. Umumnya orang cenderung menginstall begitu saja aplikasi-aplikasi yang sedang jadi tren. namun akan lebih baik bila pemilik Smartphonemelakukan riset terlebih dahulu terhadap aplikasi tersebut melalui review , rekomendasi kawan, maupun mesin pencari Google.
Jika anda ingin mendownload aplikasi, downloadlah di store yang bisa di percaya. Beberapa platform mobile mengijinkan instalasi aplikasi apa pun yang dapat ditemukan lewat web. Biasanya akan lebih baik jika memilih aplikasi lewat situ-situs resmi penyedia aplikasi tersebut.
Kedua, kenali izin penggunaan aplikasi. Setiap kali menginstal aplikasi baru, izin penggunaan aplikasi ini akan disodorkan pada pengguna. Umumnya dalam izin penggunaan akan disebutkan akses mana yang memiliki potensi bahaya. Misalnya, jika sebuah aplikasi game meminta ijin untuk mengakses buku alamat, pengguna dapat segera memblokir permintaan yang tidak relevan tersebut.
Terakhir, gunakan antivirus mobile. Beberapa penyedia antivirus memiliki versi tertentu yang digunakan khusus untuk Smartphone. Ada pilihan aplikasi antivirus mobile dari yang berbayar sampai yang gratis. Bagi yang merasa perlu melindungi Smartphone-nya, tinggal mencari aplikasi antivirus tersebut via web.
Sebaliknya inilah dampak negative Smartphone untuk para penggunanya, yaitu menimbulkan kecanduan. Pengguna yang sering untuk terus terhubung selama 24 jam nonstop selama 7 hari membuat pengguna Smartphone selalu update dengan berita apa pun, termasuk untuk ngobrol dengan teman. Kesenangan yang timbul ketika menerima e-mail, SMS, atau pesan ditengarai akan menimbulkan kesenangan tersendiri bagi para pengguna, lambat laun hal ini akan menimbulkan kecanduan
Mengganggu tidur pengguna karena efek suara ringtone ponsel yang menandakan ada notifikasi baik dari media social maupun e-mail atau pesan baru (SMS) yang masuk akan membuat anda penasaran untuk mengintip isinya. Keasyikan ini bisa terus berlanjut hingga malam hari, sehingga waktu untuk beristirahat menjadi berkurang.
Mengurangi produktivitas pengguna saat bekerja karena waktu beristirahat yang berkurang akibat Smartphone, yang menjadikan keesokan harinya tubuh anda menjadi lemas, maka saat anda bekerja membuat berkurangnya produktivitas kerja, naiknya jumlah kecelakaan saat bekerja, hingga tubuh jadi gampang diserang penyakit. Karena itu, matikan ponsel menjelang waktu tidur agar bisa beristirahat.
 Tak hanya itu saja, ternyata dampak Smartphone juga bisa merusak otak. Dampak buruk radiasi ponsel terhadap kesehatan memang masih jadi kontroversi, namun beberapa penelitian menunjukkan radiasi ponsel bisa memicu tumor otak dan insomnia. Terlalu sering menatap ponsel juga bisa menyebabkan rasa mual dan sakit kepala.
Membahayakan mata. Berlama-lama memelototi teks berukuran kecil di layar ponsel bisa menyebabkan sakit kepala, penglihatan kabur, dan mata kering. Karena itu, jagalah agar ponsel Anda berjarak 40-50 sentimeter dari wajah.
Tak hanya dampak itu saja, akhir-akhir ini banyak berita tentang kasus kriminal yang diakibatkan oleh Smartphone. Entah itu tentang kasus penipuan, pemerkosaan, penjambretan atau lain sebagainya hanya karena status di social media, seperti facebook, blackberry messeger atau twitter. Tindakan kriminal itu bisa terjadi karena hanya masalah update status di social media.
Atau bahkan mungkin anda pernah mendengar bahwa ada seorang anak laki-laki yang bunuh diri karena frustasi tidak bisa mengganti DP (Display Picture) di Blackberry Messeger. Berita tersebut begitu konyol sekali, tapi itulah kenyataannya yang sedang terjadi gara-gara smartphone. Benda bisa membuat para pengunanya seperti itu, meskipun namanya Smartphone tapi tidak semua penggunanya sama “Smart”nya.
Inilah manfaat Smartphone dalam berbagai sisi bidang, yang pertama adalah dibidang perekonomian bisnis. Ternyata Smartphone memberikan alternatif untuk mendongkrak kinerja bisnis sebuah perusahaan. Smartphone mampu melakukan pekerjaan pekerjaan komputasi dasar, memberikan komputasi mobile yang cukup powerful dan useful. Dengan komputasi mobile, para pekerja dapat terhubung ke email perusahaan setiap saat, sehingga produktifitas dan alur infromasi akan lebih lancar.
Contoh bisnis yang sedang sangat di minati kaum remaja di Indonesia adalah berbisnis online atau lebih sering dikenal dengan Online Shop. Kenapa Online Shop digemari oleh para pebisnis pemula? Jawaban yang mendasar adalah selain bisa berhemat secara financial, anda juga berhemat tenaga maupun waktu. Anda hanya mengupload gambar dari supplier, dan menyebarkannya di social media, seperti Facebook, Twitter, atau bahkan situs jual-beli online, dan anda hanya tinggal dudukpun, sembari mengerjakan pekerjaan anda. Anda bisa menjadi pebisnis. Tetapi ingatlah juga jika anda menggunakan jasa oline shop ini, anda juga harus berhati-hati,terkadang ada supplier yang nakal karena dia mengirim  pesanan tidak   sesuai seperti gambar.
 Ada juga beberapa perusahaan mendapatkan daya ungkit bisnis yang cukup signifikan dengan menggunakan Smartphone secara optimal untuk bisnis. Sebagai contoh, salah satu perusahaan perangkat lunak, SERENA telah mengintegrasikan hampir seluruh aktifitas perusahaan dalam satu tampilan layar smartphone mulai dari target pemasaran, sampai berkomunikasi dengan seluruh karyawan membuat bisnis lebih efektif dan efisien.
Smartphone juga bermanfaat dalam bidang kesehatan. Waktu merupakan hal yang sangat penting. Banyaknya waktu yang kita gunakan untuk beraktivitas membuat kita memerlukan energi yang banyak untuk beraktivitas. Aplikasi Smartphonedapat memberikan peluang untuk menyelamatkan banyak nyawa manusia. Informasi analisis kesehatan dapat diintegrasikan ke dalam Smartphone sehingga penanganan pasien akan lebih tepat dan cepat
Dalam bidang pendidikan Smartphone  mempunyai banyak fitur dan aplikasi yang dapat meningkatkan pendidikan. Kecepatan akses internet yang dimiliki Smartphone dapat memudahkan pelajar untuk mengakses berbagai informasi tentang pembelajaran. Selain itu, ada juga aplikasi seperti kamus berbagai bahasa atau lainnya yang dapat memudahkan proses pembelajaran.
Dalam bidang sosial Beberapa aplikasi smartphone mendukung akses jejaring sosial yang memungkinkan berhubungan dengan banyak orang baik di daerah yang sama, di luar daerah ataupun negara yang berbeda. Hal ini menyebabkan tingginya jiwa sosial dan banyaknya manusia menganal satu sama lain walaupun mereka tidak pernah berjumpa. Mereka juga bisa mendapatkan informasi dari teman jejaring sosial mereka berkaitan dengan daerah yang ingin mereka cari tahu.
Ulasan terakhir dari saya adalah tentang cara mengatasi atau solusi dari penggunaan Smartphone ini. Yang pertama, sebagai pengguna cermatlah memilih Smartphone yang akan anda gunakan. Pikirkan kembali apakah dampak yang akan anda dapatkan setelah memakainya. Kedua, pintar-pintarlah memilih aplikasi yang akan anda download. Pikrkan baik-baik apakah aplikasi itu bisa berguna bagi anda atau tidak.
Selanjutnya saya sarankan saat anda sedang tidur, jauhkan Smartphone anda dari tempat tidur anda dan usahakanlah untuk mematikannya saat anda bersitirahat. Jadi anda bisa tertidur tanpa ada gangguan bunyi ringtone, bahkan anda bisa memperkecil terjadinya radiasi yang dapat menggangu kesehatan anda dan biasa kan saat anda bekerja jangan terlalu sering memperhatikan Smartphone, hal itu bisa membuat konsentrasi sedikit berkurang atau bahkan buyar.
Dan jika anda salah satu seorang pebisnis pemula dan menggunakan Smartphone sebagai pengantar antara supplier dan konsumen, lebih baik anda tidak bemain tipu-menipu karena akibatnya  juga akan anda terima. Seperti hilangnya kepercayaan konsumen dan membuat anda kehilangan banyak konsumen.    

Ingat, tidak semua Smartphone berdampak buruk, tetapi tidak juga seutuhnya berdampak positif. Semua itu juga tergantung para penggunanya, serta bagaimana para pengguna mampu mensiasti dalam menggunakan Smartphone. Sekian ulasan mengenai Smartphone, kiranya bisa menambah wawasan maupun bisa bermanfaat bagi yang membaca. Terimakasih.

Daftar Pustaka

http://www.tahuinfo.com/2012/03/pengertian-smartphone-dan-ciri-cirinya.html?m=1
http://m.portal.paseban.com/?mod=content&act=read&id=2887
http://wagenugraha.wordpress.com/2010/05/02/smartphone-untuk-mendongkrak-kinerja-bisnis/
file://localhost/D:/tugas%20XII%20IPA%20C/TIK/akibat-penyalahgunaan-teknologi.htm
file://localhost/D:/tugas%20XII%20IPA%20C/mulok/all%20about%20tech!%20%20Bentuk%20Penyalahgunaan%20Smartphone.htm


oleh : Penny Dwika W. (232013xxx)
untuk memenuhi syarat mengikuti TAS mata kuliah Bahasa Indonesia (MU116 I)

NB : Isi diluar tanggungjawab Ascarya Journalistic Club FEB UKSW

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan via Surel

Masukkan alamat surel Anda untuk mendapatkan kabar terbaru dari Ascarya dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

KONTAK ASCARYA

Email: ascarya.feb@student.uksw.edu

Phone: 0858-4868-2470 (Armita)

Address: Jalan Diponegoro No. 52-60 Salatiga