Wednesday, 23/8/2017 | 6:22 UTC+0
Ascarya Journalistic Club

Pengaruh Mengkonsumsi Suplemen Makanan

Post by relatedRelated post

Masyarakat jaman sekarang menginginkan cara mudah dan murah untuk mendapatkan hasil yang maksimal serta memuaskan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan tubuh . Sebenarnya banyak cara pola hidup sehat yang dapat ditempuh seperti berolahraga rutin , makan 4 sehat 5 sempurna , mengkonsumsi buah-buahan , menggunakan alas kaki kesehatan dan hal-hal yang bersifat rutin lainnya yang lebih alami dan meminimalkan efek samping pada tubuh . namun kebanyakan masyarakat kita saat ini cenderung malas untuk melakukan aktifitas yang untuk memperoleh hasilnya dalam jangka waktu yang lama . Sehingga masyarakat saat ini beralih kepada suplemen-suplemen makanan yang beredar makanan dengan banyak variasi dan manfaat yang ditawarkan kepada khalayak luas .Mulai dari jenis suplemen penambah daya tahan tubuh dan vitalitas, penurun tekanan darah tinggi, pencegah berbagai macam penyakit, penambah kecerdasan, pemutih kulit , memuluskan wajah dan lain sebagainya. Ada yang menyebutnya sebagai nutritional supplements, atau makanan sehat . Biasanya satu jenis suplemen makanan mengandung lebih dari satu macam nutrient atau zat gizi, dan non-gizi.

Kini, ratusan produk suplemen makanan tengah menjamur di Indonesia Namun yang menjadi permasalahan adalah masyarakat yang mengkonsumsi suplemen makanan sendiri tidak menyadari efek samping apa saja dan dampak dalam penggunaan suplemen makanan tersebut untuk jangka panjang .masyarakat hanya berpendapat dengan menggunakan suplemen makanan kebutuhan gizi kita tercukupi, optimalisasi bekerja sehari-hari , atau bahkan berdampak dengan wajah yang mulus , kulit menjadi kencang dan sebagainya . Dijelaskan di era modernisasi saat ini mengkonsumsi suplemen makanan seperti sebuah hal yang sudah dianggap kebutuhan bagi masyarakat ditengah-tengah mobilitas masyarakat yang semakin padat untuk menunjang aktifitas sehari-hari . Alasan waktu dan kepraktisan adalah alasan yang paling utama . sehingga suplemen makanan menjadi solusi andalan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan gizi secara instan tanpa harus repot mengatur waktu untuk memakan makanan sehat , olahraga teratur dan sebagainya .

Seseorang dengan pola makan yang tidak baik dari kecil, terkadang merasa perlu mengkonsumsi suplemen makanan kualitatif dan kuantitatif untuk mencapai gizi seimbang. Terlebih bagi masyarakat dari kalangan keatas dan orang – orang yang bekerja di kantoran. Karena kesibukannya, menjaga kesehatan tubuh biasanya menjadi terabaikan, pola hidup sehat pun sulit untuk diterapkan. Pola makan menjadi tidak teratur, dan olahraga jarang dilakukan. Oleh sebab itu karena kondisi lingkungan, ia tidak lagi mengkonsumsi makanan yang seimbang, istirahatnya pun terkadang sangat kurang. Setiap hari ia mengkonsumsi makanan kesukaannya, yaitu makanan instan dan junk food, minuman kaleng, minuman bersoda dan makanan lain yang kurang seimbang gizinya. Ditambah lagi dengan kebiasaan merokok atau minum-minuman beralkohol yang sedikit banyak mempengaruhi kesehatan tubuh. Dengan tubuh tidak lagi mendapatkan asupan gizi yang cukup, dan metabolisme tidak berjalan sebagaimana mestinya,akibatnya, berbagai penyakit pun datang menghampirinya. Padahal, menjadi sehat adalah dambaan semua orang. Dapat dilihat sekarang hampir sulit ditemui orang yang berusia 40 tahun ke atas tanpa keluhan penyakit degenerasi seperti : rematik, ngilu persendian, rambut rontok, diabetes, kolesterol, dst. Padahal pada jaman dahulu, orang bisa berusia ratusan tahun dan meninggal bukan karena penyakit-penyakit seperti itu. Mereka tetap sehat dan bugar sepanjang masa. Maka dari itu untuk bisa menjaga kesehatan, harus diawali dengan menjaga asupan nutrisi ke dalam tubuh.

Suplemen maupun multivitamin sebenarnya diperlukan oleh orang-orang yang kekurangan banyak vitamin atau mereka yang memiliki pola konsumsi makanan tidak seimbang seperti orang-orang berusia lanjut maupun orang yang tidak bisa makan secara normal karena sedang sakit. Di samping itu, orang yang sedang sakit juga memerlukan zat gizi yang terkandung dalam suplemen dan multivitamin untuk membantu proses metabolisme tubuhnya agar dapat segera sembuh. Selain mereka, orang-orang dengan kebutuhan gizi khusus seperti ibu hamil dan anak-anak, orang yang sedang diet, atau orang-orang yang alergi makanan tertentu juga disarankan mengkonsumsi suplemen dan multivitamin untuk memenuhi kebutuhan gizi mereka. Dijelaskan manfaat suplemen hanyalah sebagai zat gizi tambahan, bukan zat gizi pengganti. Artinya, dengan mengkonsumsi suplemen, pengguna akan memperoleh zat gizi tambahan yang tidak diperoleh dari makanan yang dikonsumsi sehari – hari. Penggunaan suplemen makanan memang sedikit banyak memberi pengaruh pada tubuh , contohnya seperti suplemen makanan untuk member kulit halus , atau penghilang jerawat , bila dikonsumsi berkelanjutan dalam beberapa bulan pertama akan memberikan efek yang diharapkan . dimulai hal itulah masyarakat ketagihan mengkonsumsi suplemen , tanpa mengetahui mengkonsumsi konsumen ada batas waktu penggunaan. Dalam artian dalam mengkonsumsi tidak dianjurkan berkenjutan hingga bertahun-tahun.

Sebagai contoh : suplemen vitamin C merupakan antioksidan kuat yang amat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain dari makanan, sebagian orang mungkin perlu menambahkan suplemen vitamin C untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi ini. Saat ini di pasaran telah tersedia berbagai jenis suplemen vitamin C.

Berikut adalah 5 macam suplemen vitamin C yang biasa dijual di apotek atau toko obat:

Asam askorbat . Asam askorbat merupakan bentuk murni vitamin C dan memiliki rasa yang tajam (kuat). Sebagain besar suplemen vitamin C mengandung asam askorbat.

Tapi orang yang mempunyai perut sensitif mungkin perlu berhati-hati karena asam askorbat dapat menyebabkan iritasi lambung.

Kalsium askorbat Kalsium askorbat adalah asam askorbat yang berikatan dengan kalsium, menyediakan bentuk non-asam dari vitamin C yang ramah pada sistem pencernaan. Selain vitamin C, kalsium askorbat juga menyediakan sumber kalsium.

Magnesium askorba. Magnesium askorbat adalah asam askorbat yang berikatan dengan magnesium. Zat ini juga merupakan bentuk non.asam dari vitamin Cyang sangat mudah diserap serta lembut diperut. Selain vitamin C, magnesium askorbat juga menyediakan sumber magnesium .

Ester C .Ester C adalah formulasi yang sudah dipatenkan dari vitamin C dalam bentuk kalsium askorbat yang membuatnya mudah diserap dan bersifat non.asam. Ester C menyediakan dosis besar vitamin C dan termasuk jenis yang berharga paling mahal.

Tablet atau Bubuk. Bubuk vitamin C akan lebih cepat diserap karena tidak harus dicerna terlebih dahulu. Bubuk vitamin C tidak mengandung agen tableting tambahan. Sedangkan vitamin C dalam bentuk tablet akan dilepas oleh tubuh secara perlahan-lahan selama 6-8jam. Ini sangat menguntungkan daripada harus mengambil vitamin C dalam dosis kecil terlalu sering . jangan meminum suplemen vitamin dengan air keran karena logam dalam air keran (tembaga dan besi ) akan mengoksidasi vitamin C dan membuat khasiatnya berkurang . maka dari itu untuk minum vitamin C dengan air mineral atau jus (http ://www.amazine.co/6997)

Di balik segala manfaatnya, mengkonsumsi suplemen dan multivitamin tidak selamanya memberikan dampak positif bagi tubuh Anda Meskipun suplemen dan multivitamin mengandung zat-zat yang penting bagi kesehatan tubuh serta dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit, namun belum tentu semua itu dibutuhkan oleh semua orang .Sebab , tiap obat atau suplemen pasti memiliki resiko atau efek samping. Makin hebat obat atau suplemen itu, makin besar resiko efek sampingnya. Dengan menutupi kebutuhan vitamin atau mineral serta nutrisi dengan mengkonsumsi suplemen atau obat secara tidak langsung resiko yang diambil sangat besar. Tidak bisa kita menutup kekurangan itu dengan tepat sama. Jadi kemungkinan besar jika suplemen yang kita konsumsi yang beredar dipasaran itu tanpa efek samping. Mungkin tidak terlihat secara langsung , tetapi efek jangka panjangnya pastilah sangatlah besar…

Adapun Efek negatif yang dihasilkan pun sangat beragam. Mulai dari rambut rontok, gangguan tidur, kulit bersisik, tulang rapuh, sampai dengan gangguan pada ginjal. Orang-orang normal yang banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung empat sehat lima sempurna misalnya, tentu saja tidak membutuhkan suplemen maupun multivitamin karena kebutuhan gizinya telah tercukupi dari sayuran, buah-buahan serta susu yang sering dikonsumsinya tersebut. Suplemen makanan memang telah terbukti bisa membantu proses pemulihan kesehatan seseorang yang sedang mengkonsumsi obat. Namun, penggunaan suplemen makanan yang tidak tepat dikhawatirkan akan menimbulkan gangguan pada penyerapan obat – obatan tertentu, atau interaksi antara obat dan suplemen makanan dapat menimbulkan efek yang merugikan.

Mengkonsumsi banyak buah dan sayur segar dan organik tentu merupakan pilihan yang sangat baik untuk memperbaiki dan menjaga kesehatan ketimbang berpikir tentang obat dan suplemen apa yang harus kita konsumsi. seharusnya kita memperbaiki pola makan kita bila menginginkan kesehatan tubuh yang ideal. Mengapa kita terus mendera tubuh kita dengan berbagai racun dari makanan kita dan sementara itu kita juga mengobatinya?

Mengkonsumsi suplemen memang merupakan salah satu cara untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Namun masyarakat juga memahami bahwa mengubah pola makan dan pola hidupnya, agar tidak timbul ketergantungan pada suplemen makanan secara terus menerus merupakan hal yang penting. Ingat bahwa suplemen makanan bukanlah obat yang mampu menyembuhkan penyakit tertentu. Ada baiknya, sebelum anda membeli dan mengkonsumsi suplemen, beberapa hal yang harus anda ketahui dan anda pertimbangkan, serta sikap kritis dari masyarakat dalam merespons produk suplemen makanan yang kini membanjir di pasaran dengan berbagai khasiat. Misalnya tentang kondisi tubuh, daya beli, serta manfaat, benarkah tubuh anda sudah memerlukan suplemen? Atau yang menajdi kesadaran bahwa mengkonsumsi suplemen makanan bukanlha tren semata , atau termakan iklan – iklan suplemen makanan yang terpampang diman-mana. Untuk itu ,sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi suplemen makanan secara berkelanjutan, sebaiknya bertanya terlebih dahulu konsultasi kepada dokter atau ahli gizi. Ingat bahwa kebutuhan nutrisi setiap manusia itu berbeda – beda. Anda dituntut untuk lebih teliti dalam memilih jenis suplemen yang akan anda konsumsi. Perlu diketahui bahwa satu macam suplemen biasanya mengandung beberapa macam gizi, sehingga anda harus bisa memilihnya dengan tepat agar anda tidak mengkonsumsi melebih referensi kebutuhan nutrisi. Sebab mengkonsumsi asupan gizi yang berlebihan , sedangakan tubuh kita sebenarnya telah memproduksi gizi tersebut secara alami akan memberikan efek yang negative pada diri kita.

Lebih baik, dianjurkan untuk mmemperoleh gizi secara alami dengan mengkonsumsi makan-makanan yang bermanfaat bagi tubuh. Bila ingin mendapatkan berat badan ideal ada beberapa tips yang dianjurkan yaitu : Menghindari junk food, Memperbanyak Konsumsi Air Putih (8 gelas sehari),Konsumsi 2 sendok cuka apel+1sendok teh sirup dan segelas air setiap pagi. Resep ini bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Setelah itu, konsumsi sarapan secara teratur seperti biasanya, banyak mengkonsumsi tanaman herbal seperti teh hijau, ginseng, bunga krisantenum, chamomile, dll, pilih olahraga yang dapat memicu pembakaran lemak, seperti aerobik, cardio, jogging, taebo, dll.

Yang penting dalam mengkonsumsi suplemen makanan harus dibarengi dengan pola makan seimbang, olahraga dan istirahat yang cukup. Sekali lagi ingat bahwa suplemen makanan bukanlah obat. Fungsi suplemen makanan hanyalah melengkapi apa yang diperlukan tubuh. Sebagai makanan pelengkap, suplemen makanan harus benar – benar dikonsumsi dalam kondisi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan tubuh. Bila makanan yang dikonsumsi seseorang sudah seimbang dan beraneka ragam, terpenuhinya kebutuhan serat, olahraga dan istirahatnya cukup, hidup teratur, tidak stress dan bebas dari cemaran radikal bebas, maka tidak diperlukan lagi mengkonsumsi suplemen makanan tambahan. Jadi, dapat dikatakan bahwa suplemen terkadang memang dibutuhkan, tetapi juga seringkali tidak kita perlukan.

Jadi kesimpulannya , kita boleh mengkonsumsi suplemen makanan sesuai kebutuhan yang diinginkan namun sesuai dosis takaran yang dianjurkan dokter. Maka dari itu , dihimbau masyakat jeli dalam melihat komposisi suplemen yang dikonsumsi sesuai kebutuhan. Jangan hanya mengikuti tren semata , dan termakan iklan produk yang tidak bertanggung jawab . dianjurkan untuk masyarakat untuk melihat kemasan suplemen makanan apakah telah mendapatkan nomer registrasi badan POM resmi . konsultasi kepada dokter ahli apakah mengkonsumsi suplemen makanan dirasa diperlukan atau tidak . sedangkan kita sebenarnya dapat hidup sehat tanpa memerlukan bantuan gizi dari luar seperti mengkonsumsi suplemen makanan. Yaitu konsumsilah makan-makanan bergizi , seperti sayur, buah-buahan , makanan yang berserat tinggi . serta melakukan pola hidup sehat , seperti menghindari kebiasaan merokok, meminum-minuman beralkohol , berolahraga teratur . suplemen makanan sebenarnya tidak begitu dibutuhkan oleh tubuuh seseorang yang sehat . dalam artian hanya orang-orang yang berkebutuhan khusus pada tubuhnya . sehingga dibutuhkan pelengakp gizi pada tubuhnya .

Berfikirlah bahwa suplemen makanan unutk jangkacpanjang dapat merusak organ tubuh khususnya ginnjal dikarenakan bekerja lebih keras dari batas normal akibat konsumsi suplemen makanan dengan dosis yang sebenarnya tidak dibutuhkan . hidup sehat tidak harus bergantung ari bantuan kimia seperti suplemen makanan atau obat-obatan , cukup dengan mengatur pola hidup dangan bersikap lebih kritis untuk memutuskan tindakan dalam mengelola tubuh kita .

Daftar Pustaka

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan via Surel

Masukkan alamat surel Anda untuk mendapatkan kabar terbaru dari Ascarya dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

KONTAK ASCARYA

Email: ascarya.feb@student.uksw.edu

Phone: 0858-4868-2470 (Armita)

Address: Jalan Diponegoro No. 52-60 Salatiga