Wednesday, 23/8/2017 | 6:21 UTC+0
Ascarya Journalistic Club

Hidup Sehat adalah Berlian dalam Hidup

Post by relatedRelated post

Apa itu hidup sehat ? pengertian hidup sehat dapat di artikan sebagai hidup tanpa gangguan masalah bersifat fisik maupun non fisik. Gangguan fisik berupa penyakit yang menyerang tubuh dan fisik seseoang, maka hidup sehat meliputi 2 unsur yaitu jasmani dan rohani.
Banyak orang yang secara jasmani memiliki tubuh yang sehat, namun kondisi rohani mereka sangat memprihatinkan. Orang yang sukses belum tentu kondisi rohani mereka sehat.
Hidup sehat itu sebenarnya merupakan aturan dan pola seseorang untuk menjalankan hidup ini dengan cara terkontrol. Pola tersebutlah yang akan membuat seseorang menjadi sehat. Untuk sehat sangatlah perlu aturan,jika hidup tanpa aturan maka akan muncul hidup yang sembarangan dan tidak teratur. Bukan hanya kesehatan fisik yang terganggu, tapi lebih berbahaya lagi jika kasehatan rohani.
Kesehatan amatlah penting untuk meraih kebahagiaan hidup. Syarat utama seseorang dapat menikmati kebahagiaan dalam hidup ini adalah saat mereka memiliki kesehatan jasmani, dan rohani yang baik.Dengan hidup sehat maka hidup akan jauh lebih berharga karena sehat merupakan berlian yang mahal. Tidak semua orang didunia ini paham akan apa itu hidup sehat namun, sebagian orang juga telah menyadari apa itu sehat bagi hidup mereka.Sehat tidak akan datang dengan sendirinya tanpa kita sebagai manusia menjaga tubuh kita dari berbagai macam penyakit yang sudah mulai banyak berkembang.Banyak cara yang mereka lakukan untuk tetap menjaga tubuh mereka dari penyakit sehingga mereka dapat menjaga hidup. Hidup sehat dapat kita dapatkan dengan melakukan pola hidup sehat yang dapat kita lakukan setiap hari. 
Banyak keuntungan yang bias kita dapatkan dari hidup sehat seperti, Merasa tenteram, aman dan nyaman Memiliki rasa percaya diri, hidup seimbang, tidur nyenyak. Kita juga dapat merasa Berpenampilan lebih sehat dan ceria, Sukses dalam pekerjaan, Menikmati kehidupan sosial dilingkungan keluarga maupun lingkungan luar. Agar kita menjadi orang yang sehat tentunya kita harus menjadi bagian dari lingkungan yang sehat, memakan makanan yang sehat, meminum – minuman yang sehat dan tidak lupa memakai pakaian yang menyehatkan. Lingkungan tempat kita tinggal sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan kita karena lingkungan yang tercemar dengan mudah menyebarkan bibit – bibit penyakit yang merugikan kesehatan kita.
Begitu juga dengan makanan dan minuman yang langsung berhubungan dengan organ dalam tubuh kita, apabila tubuh kita kemasukan bahan – bahan yang merugikan tentunya organ dalam tubuh kita tidak dapat bekerja dengan semestinya sehingga mengalami sakit.Kita dapat memulai hidup sehat dari dalam diri kita sendiri seperti memulai dengan hal kecil seperti pakaian. Pakaian juga merupakan benda yang langsung berhubungan dengan tubuh kita, apabila kita memakai pakaian yang tidak bersih tentunya akan menjadi tempat bersarangnya kuman yang akan menyebarkan penyakit. ada beberapa hal yang sangat penting yang merupakan cara hidup sehat untuk menjaga agar tubuh kita tetap sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit penyakit seperti, Menjaga lingkungan agar tetap bersih dan hindari tindakan yang dapat menyebabkan pencemaran lingkungan dan jauhi lingkungan yang sudah tercemar karena akan merugikan kesehatan, mandi setidaknya 2 kali sehari, ini akan menjaga kesegaran tubuh dan setidaknya merupakan cara menghilangkan bau badan yang harus dilakukan secara rutin,hindari kebiasaan merokok dan jauhi asap rokok, konsumsi 4 sehat 5 sempurna untuk mendapatkan gizi yang seimbang sebagai kebutuhan tubuh manusia. Konsumsi makanan yang memenuhi standar kesehatan adalah harus bisa memenuhi kebutuhan tubuh, untuk itu anda harus mengetahui tentang makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Umumnya, banyak yang belum memperhatikan masalah ini. Bahkan banyak makanan yang sebenarnya sangat berbahaya bagi kesehatan sangat diminati, seperti makanan yang mengandung pengawet, junkfood, makanan cepat saji/makanan instan ,kurangi mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi,hindari makanan berbahan pengawet, pewarna dan bahan penyedap yang berlebihan karena dalam jangka panjang akan menimbulkan risiko penyakit seperti kanker dan lain – lain, hindari minum – minuman beralkohol atau minuman dengan kadar gula dan kafein yang tinggi, perbanyaklah minum air putih minimal 8 gelas per hari, Jagalah agar pakaian yang kita pakai selalu bersih dan segera ganti apabila kotor, tentunya dengan mandi teratur setiap hari, hindari stress dan tetap tenang dalam menghadapi setiap permasalahan, olah raga secara teratur akan membuat organ – organ tubuh berfungsi dengan baik karena Olahraga adalah kegiatan yang mudah dilakukan tetapi banyak yang mengabaikannya, pada hal olahraga merupakan sumber kesehatan bagi seluruh tubuh. Olahraga yang teratur memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti akan lebih giat, menurunkan tekanan darah tinggi, menguatkan tulang-tulang, mencegah kencing manis, menurunkan resiko kanker, mengurangi stress dan depresi, dan juga akan memberikan kebugaran
Makan secara teratur dan menjaga keseimbangan antara aktivitas dan istirahat karena istirahat yang cukup akan memberikan bagi tubuh kita yang letih untuk memulihkan diri dan memberikan cukup waktu bagi tubuh untuk mengembalikan tenaga yang telah dipakai. Selain itu kita juga bisa menjaga lingkungan untuk menciptakan lingkungan yang sehat , jika ingin menikmati kesehatan yang optimal maka selayaknya lingkungan harus dipelihara dengan baik. Lingkungan itu adalah termasuk iklim, air, tanah, tumbuh-tumbuhan, dan atmosfir. Memelihara lingkungan dengan baik berarti tidak mengotori lingkungan dengan segala macam kotoran seperti membuang sampah sembarangan, asap rokok, sisa bahan bakar industri, asap dari mobil ataupun pembakaran sampah dll. Kita juga harus menjaga kebersihan udara, bagi yang tinggal di kota besar, tinggal di daerah yang terbebas dari polusi hampir tidak mungkin. Walaupun demikian kita harus berusaha meminimalisir hal tersebut, setidaknya tidak menambah buruk kondisi udara. Hal tersebut dapat kita lakukan dengan cara seperti menanam tanaman di pot disekeling rumah, dan menyisakan lahan untuk ditanami pohon walaupun lahan itu hanya cukup untuk satu pohon.
Selain dari dalam diri, kita dapat menjaga kesehatan dari makanan yang akan kita konsumsi seperti, menghindari makanan berlemak tinggi karena sangat beresiko bagi kesehatan, terutama dari mentega, margarine santan dan dari lemak hewan. Labih baik kita mendapatkannya dari kacang-kacangan atau biji-bijian. Jeroan, otak, kulit ayam dan kuning telur sebaiknya dihindari. Sebaiknya, sebagai sumber protein , kita memilih susu rendah lemak, yogurt, susu kedelai, ikan dan putih telur. Tetapi jika ada yang menyukai daging pilihlah daging tanpa lemak, kita juga seharusnya menghindari makanan yang mengandung pengawet . Makanan yang mengandung pengawet dalam jangka panjang dapat memicu kanker, Jadikan air putih sebagai minuman favorit karena air putih merupakan minuman yang dapat menetralisir racun dalam tubuh, selain itu apabila kita ingin membuat atau menyukai makanan yang berwarna-warni, gunakan dari bahan makanan yang alami seperti, warna merah dari strawberry, warna hijau dari daun pandan, warna kuning dari kunyit, warna coklat dari bubuk coklat. Jangan berlebihan menambahkan kecap, saus, garam dan penyedap rasa., dan yang paling penting buah-buahan dan sayur-syuran harus selalu ada disetiap menu makanan kita.
Buah-buahan sangat banyak manfaatnya, terutama bagi kaum wanita yang ingin mempercantik wajahnya. Kita dapat menggunakan tomat karena hasil penelitian telah menunjukan bahwa dengan mengonsumsi buah tomat setiap hari selama tiga bulan yang memiliki perlindungan 25 % lebih banyak terhadap pancaran sinar matahari. Selain itu, buah tomat juga merupakan makanan yang dapat mencegah kulit menjadi kendur. Ada juga Strawberi yang didalamnya terdapat 130 % vitamin C, yaitu suatu zat yang kuat untuk meningkatkan pengeluaran serat kolegen. Kolegen sendiri berfungsi untuk membantu kulit tetap stabil dan lembut. Semakin banyak vitamin c yang di konsumsi maka semakin sedikit kerutan yang muncul di kulit.
Selain dengan mengonsumsi buah yang sangat banyak manfaatnya pola hidup sehat dengan berjalan kaki memiliki banyak manfaat seperti, meningkatkan kemampuan otak karena dengan berjalan kaki 45 menit tiap harinya dapat membuat otak lebih tajam dan meningkatkan kewaspadaan, dapat juga membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke dengan berjalan selama 30 hingga 45 menit setiap hari bisa meningkatkan sirkulasi darah sehingga membantu meregulasi denyut jantung, memiliki kebiasaan berjalan kaki minimal 3 km setiap harinya dipercaya mampu mengurangi risiko impotensi pada pria, hal lain seperti memperpanjang umur dengan berjalan minimal 3 km setiap hari dapat mengurangi risiko kematian hingga 50 persen. Risiko kematian akibat kanker juga ditemukan lebih rendah.
Menjaga kesehatan untuk terhindar dari berbagai penyakit memang tak mudah, kita harus mulai membiasakan diri dengan menggunakan hal-hal alamiah untuk mendukung pola hidup kita. Apabila kita mengalami sakit hindari obat-obatan kimia dan mulailah menggunakan obat-obatan yang terbuat dari alam atau sering kita sebut obat tradisional. Seperti contohnya dari jahe. Jahe merupakan salah satu bumbu dapur yang memiliki banyak manfaat. Bahkan banyak pengobatan rumah menggunakan jahe, karena mudah dan efektif. Penggunaan jahe juga dapat digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit ringan. Jika kita membutuhkan obat untuk flu, demam, masalah pencernaan, dan sakit tenggorokan, tak ada salahnya mencoba pengobatan ini di rumah. Teh jahe untuk sakit tenggorokan , jika tenggorokan kita terasa kering, gatal dan sakit untuk sementara waktu, maka teh jahe adalah minuman terbaik untuk menghindari infeksi tenggorokan campuran teh dan jahe parut sangat membantu menenangkan sakit tenggorokan, serta mengurangi sakit kepala. Jahe dan madu Resep lain yang efektif untuk flu adalah jahe dan madu. Cara membuatnya cukup mudah, ambil sepotong jahe, kunyah dengan sesendok madu. Resep ini akan membantu meredakan batuk dan flu. Bahkan, resep ini solusi cepat untuk batuk. Jika kita merasa mual, kita dapat memotong seruas jahe mentah, lalu kunyah. Ini akan mengubah rasa mulut dan membuat kita sedikit nyaman. Jus jahe Pengobatan jahe juga sangat baik untuk pencernaan. Caranya, kita dapat membuat dari satu sendok sari jahe, dengan sedikit merica setelah makan. Resep ini dapat membantu masalah pencernaan dalam mencerna makanan, terutama jika kita sudah makan makanan berat atau makan terlalu banyak. Jahe dengan air hangat Apakah kita cukup kuat mengatasi masalah perut saat menstruasi? Biasanya perempuan menderita keram saat menstruasi. Hal ini sangat menyakitkan dan mengganggu kehidupan normal kita. Untuk mengatasinya, rebus satu ruas jahe ke dalam air selama 15 menit. Kemudian minum ketika ketika masih hangat. Minuman yang bersifat antiseptik ini berkhasiat membantu untuk meringankan kram menstruasi.
Hidup sehat itu sangat berharga dan mahal harganya, oleh karena itu kita seharusnya menjaga dengan baik supaya tubuh kita selalu memiliki energy, dengan tidak terdapat penyakit apapun dalam tubuh kita, dengan rutin mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi dan tidak mengandung bahan pengawet yang dapat menimbulkan masuknya berbagai penyakit dalam tubuh kita, karena sebelum itu terjadi kita sebaiknya mencegah dari pada mengobati yang akhirnya akan membuat kita menjadi rugi sendiri. Jadi gaya hidup sehat adalah suatu pilihan yang sangat tepat untuk kelangsungan hidup kita,budayakan hidup sehat dan mulailah itu dari sekarang.
Secara garis besar pola hidup sehat dari artikel diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa pola hidup sehat adalah dengan cara Bergeraklah, poin pertama yang mesti kita ingat dan lakukan adalah bergerak. Lakukan gerakan yang intens selama kurang lebih 30 menit dalam sehari. Gerakan seperti apa? Kita bisa melakukan gerakan apapun misalnya, bisa berjalan kaki ketimbang naik lift atau eskalator. Doronglah tubuh untuk bergerak, semakin lancar darah beredar dan semakin lancar pula oksigen mengalir ke seluruh tubuh, Konsumsi sayur dan buah-buahan segar. konsumsilah sayur-sayur dan buah-buahan segar setiap hari. Jika kita mau, dapat mengolah sayur dan buah-buahan dengan cara yang berbeda-beda. Misalnya,bisa membuat jus. Sayur dan buah-buahan yang segar tidak hanya mencegah kanker, tetapi juga menyehatkan jantung dan memberikan nutrisi yang lebih pada tubuh dan otak, Banyaklah minum air putih, karena sebagian besar tubuh manusia mengandung air. Air adalah zat paling penting dalam proses metabolisme tubuh. Kekurangan air mengakibatkan dehidrasi. Karena itu, minumlah air putih sebanyak-banyaknya. Paling baik jika kita minum air putih sebanyak 8 gelas setiap hari, Konsumsi multivitamin, sekarang tersedia banyak minuman multivitamin dalam bentuk tablet untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Berbagai kandungan vitamin dan mineral bermanfaat untuk membangun. Lebih baik pilih tablet multivitamin sesuai dengan anjuran dokter untuk menghindari dampak atau pengaruh buruk terhadap tubuh karena terpengaruh bahan kimia dan lain-lain, Selain itu Istirahat yang cukup, terlalu banyak berolahraga atau bergerak itu juga tidak baik bagi tubuh, Kerja dan atau gerak mesti bisa seimbang dengan waktu untuk berproses. Karena Cara yang paling baik adalah tidur selama 7-8 jam setiap hari, dan yang terakhir dan terpenting adalah hindari stress, penyakit bakal dengan mudah menyerang kita jika pertahanan tubuh lemah. dan secara langsung mempengaruhi mekanisme kerja tubuh. Tapi jika kita stres, saraf, dan otot akan bekerja jauh lebih cepat daripada biasanya. Kita akan terus “dipaksa” untuk memberikan energi yang berlebihan. 
Daftar Pustaka
oleh : Brenda Mayana (232013106)
untuk memenuhi syarat mengikuti TAS mata kuliah Bahasa Indonesia (MU116 I)

NB : Isi diluar tanggungjawab Ascarya Journalistic Club FEB UKSW

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan via Surel

Masukkan alamat surel Anda untuk mendapatkan kabar terbaru dari Ascarya dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

KONTAK ASCARYA

Email: ascarya.feb@student.uksw.edu

Phone: 0858-4868-2470 (Armita)

Address: Jalan Diponegoro No. 52-60 Salatiga