MWLK ASCARYA 2023: Mempelajari Berita di Pertemuan Kedua MWLK

MWLK Tak ada komentar pada MWLK ASCARYA 2023: Mempelajari Berita di Pertemuan Kedua MWLK


 

Sabtu, 3 Juni 2023 – Telah dilaksanakan Maba Wajib Lembaga Kemahasiswaan (MWLK) pertemuan 2 yang dilakukan oleh KBM (Kelompok Bakat Minat) Ascarya Journalistic Club secara online melalui laman YouTube channel Ascarya Journalistic Club sendiri. Pada pertemuan kedua kali ini, Ascarya mengangkat tema “Teori Jurnalistik” yang didalamnya menyangkut hal utama diantaranya teori jurnalistik, jurnalistik digital, penulisan straight news, dan berita foto. Pertemuan kali ini peserta MWLK diminta untuk melihat video yang telah di upload di YouTube channel Ascarya Journalistic Club. Kemudian untuk materi yang diberikan merupakan bentuk dari bagaimana lebih mengenal tentang jurnalis seperti langkah-langkahnya, bagaimana jurnalistik berubah seiring dengan perkembangan zaman dikatakan sebagai jurnalistik digital, bagaimana penulisan berita secara aktual atau straight news, dan juga berita foto yang memberikan desain visual tentang berita yang ditulis.

Pertemuan Maba Wajib LK kali ini sama dengan MWLK pertemuan sebelumnya. Peserta MWLK diminta untuk mengerjakan tugas yang telah diberitahukan dan diminta untuk memberikan tanggapan mereka mengenai pertemuan MWLK kedua dengan mengunggahnya melalui story Instagram. Namun, terdapat hal yang berbeda dari minggu sebelumnya yaitu pada pertemuan MWLK kedua ini peserta diminta untuk membuat cerpen singkat bertemakan bebas yang mana sesuai imajinasi ataupun pemikiran mereka. Adapun hal menarik dari tugas tersebut yaitu bagi peserta yang membuat konten paling menarik akan diberikan reward dari Ascarya berupa e-money.

Antusiasme peserta dalam MWLK kedua ini tidak jauh berbeda dengan pertemuan Minggu lalu terlihat dari bagaimana respon para peserta akan pertemuan MWLK kali ini. Terlihat dari beberapa peserta yang mengungkapkan dalam bentuk kesan dan pesan. Seperti kata beberapa orang berikut.

Pada pertemuan kedua ini dengan tema yang membahas tentang teori jurnalistik, jurnalistik digital, penulisan straight news, dan yang terakhir itu ada berita foto. Saya merasa senang dengan pertemuan kedua ini karena dalam pertemuan kedua ini saya diberi pemahaman tentang banyak materi di dunia jurnalistik, yang mungkin sebelumnya saya belum mengerti dan memahaminya. Penjelasan yang diberikan sangat rinci dan jelas sehingga dapat dimengerti dan mudah dipahami. Sedangkan Kesan yang saya dapatkan dalam pertemuan kedua ini, saya merasa senang walaupun belum bertatapan secara langsung. Pesannya, hopefully pertemuan minggu depan lebih terasa seru dan menyenangkan karena bisa bertemu secara langsung dengan teman-teman dan kakak kakak pembimbing.”  – Karina Yoan Happyanti

Pertemuan kedua ini dibuat secara online, dan peserta diberi tugas untuk membuat cerita pendek singkat. Menurut saya tugas tidak terlalu memberatkan karena temanya juga bebas dan bisa melatih kreativitas peserta MWLK. – Laras Palupi

Dari beberapa kesan dan pesan yang disampaikan oleh peserta mereka mengungkapkan jika pertemuan MWLK kedua kali ini tidak memberatkan dan menyenangkan walaupun dilaksanan secara online.

 

Penulis: Tim Redaksi Ascarya

Leave a comment

Back to Top