Tuesday, 16/8/2022 | 2:01 UTC+0
Ascarya Journalistic Club

Alumni Talk Series Semester Antara 2021/2022

      Sabtu, 02 Juli 2022 telah dilaksanakan kegiatan “Alumni Talk Series Semester Antara 2021/2022” yang dilaksanakan oleh Departemen Akuntansi FEB UKSW. Alumni talk series kali ini mengangkat topik “Praktek-Praktek Akuntansi Manajemendan wajib diikuti oleh seluruh Mahasiswa Departemen Akuntansi. Dalam kegiatan ini Departemen Akuntansi FEB UKSW menghadirkan alumni dari lulusan FEB UKSW yang telah berkarier di dunia kerja dengan menghadirkan pembicara pertama yaitu Dedy Utomo seorang Area Manager Vkool Puri Group dan pembicara kedua yaitu Erwin Manalu Seorang General Manager Sales & Sourcing CARS dan dihadiri oleh Mahasiswa Akuntansi dan Dosen FEB UKSW. 

      Pembicara pertama, Dedy Utomo seorang Area Manager Vkool Puri Group menyampaikan materi tentang Akuntansi Revolusi Era 5.0. Dalam Era Industri 5.0 terdapat beberapa elemen yaitu Human Centricity (Pekerja merupakan investasi bukan sebagai biaya), Sustainability (Efisiensi sumber daya, ekonomis) serta Resilience (Teknologi antisipasi krisis). Banyak sekali manfaat dari Industry 5.0 bagi pekerja seperti pekerja sebagai investasi bukan biaya, lingkungan kerja yang aman bukan menghilangkan pekerjaan, pekerjaan berulang dan sederhana diambil alih robot, teknologi berbasis AI dapat menjadi media bagi pekerja. Bukan hanya bagi pekerja, manfaat industry 5.0 juga bermanfaat bagi bisnis, kualifikasi tenaga kerja, efisiensi sumberdaya untuk berkelanjutan dan daya saing, meningkatkan kemampuan adaptasi dengan lingkungan bisnis yang kompetitif, serta menjadi intangible asset.

      Banyak sekali opini bahwa akuntansi dalam era industry 5.0 akan digantikan dengan adanya teknologi. Namun, hal ini tidak dibenarkan dikarenakan bentuk pekerjaan seorang akuntan yang berubah. Pekerjaan seorang akuntan ini mengintegrasikan informasi keuangan & non keuangan dalam sistem yang modern sehingga akuntan harus banyak memiliki keahlian dalam era industry 5.0 untuk melakukan analytical/critical thinking, written communication, oral communication, decision making, analysis dan meningkatkan kemampuan lainnya. Seorang akuntansi dalam era industry 5.0 memiliki peran menyediakan insight atas data, menjadi penasehat, bermitra dengan teknologi, dan berperan dalam non financial reporting dan  cyber security.

      Kemudian pembicara kedua, Erwin Manalu Seorang General Manager Sales & Sourcing CARS melakukan Sharing Session from Used Car Industry. Dalam sharing ini pembicara menyampaikan bahwa dengan inovasi yang berkelanjutan, lebih banyak kemitraan, dan hubungan yang berharga dengan orang-orang, CARS dapat memecahkan masalah bagi konsumen dan menambah kemudahan dan nilai bagi kehidupan konsumen. Beliau menyampaikan bahwa akan terus fokus untuk mendatangkan pengguna baru, juga berinvestasi dalam infrastruktur untuk memperluas cara kerjanya dengan konsumen yang berbelanja di platform Cars24. CARS juga melihat industry trend dengan Contact-less Purchase melalui smartphone, layanan terpadu satu pintu, bengkel, asuransi, dan garansi, new mobile models dan lainnya.

      Kegiatan Alumni Talk Series merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Departemen Akuntansi. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menjadi wadah bagi mahasiswa akuntansi untuk dapat melakukan sharing informasi dengan para alumni sehingga mahasiswa akuntansi mendapatkan gambaran mengenai dunia kerja di bidang akuntansi.

Penulis : Tim Redaksi AJC

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan via Surel

Masukkan alamat surel Anda untuk mendapatkan kabar terbaru dari Ascarya dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

KONTAK ASCARYA

Email: ascarya.feb@student.uksw.edu

Phone: 0858-4868-2470 (Armita)

Address: Jalan Diponegoro No. 52-60 Salatiga