Wednesday, 22/5/2019 | 1:16 UTC+0
Ascarya Journalistic Club

Matigemi “Manunggaling Ati Kagem Bumi”

        Himpunan Mahasiswa Pecinta Alam Mitra Gahana menggelar seraingkaian acara untuk memperingati hari air sedunia dengan mengusung tema Matigemi yaitu “Manunggaling Ati Kagem Bumi” yang digelar pada tanggal 21 – 22 Maret 2019. Acara tersebut bertujuan untuk mengajak mahasiswa agar lebih mengenal lingkungan sekitar dan lebih peduli terhadap lingkungan. Acara ini diikuti oleh mahasiswa FEB dan non FEB.

       Acara dibuka pada tanggal 21 Maret 2019 dengan sambutan oleh Korbidkem FEB yaitu David Adechandra Ashedica Pesudo, SE., M.Ak dan Yeremia Reinhard Samara selaku ketua SMF FEB. Pada hari pertama acara Matigemi, peserta diajak untuk mengunjungi beberapa sumber mata air di sekitar Salatiga untuk melihat bagaimana keadaan mata air tersebut. Dalam kegiatan kunjungan mata air ini, peserta diajak untuk lebih mengenal dan menjaga lingkungan seekitar mata air. Selain itu ada diskusi bersama dan membersihkan area sekitar mata air.

        Pada hari kedua 22 Maret 2019 diselenggarakan workshop dan pameran berbagai macam produk yang terbuat dari bahan bekas pada pukul 09.00-15.00 WIB di Rumah Noto. Dalam pameran tersebut ada berbagai macam olahan produk yang dipamerkan dari limbah plastik dan kain perca seperti tas, sandal, dan dompet. Hal ini bertujuan untuk  mengurangi limbah plastik maupun limbah kain dan memanfaatkannya kembali menjadi produk yang menarik untuk digunakan. Selain limbah plastik dan kain perca adapun aksesoris seperti anting-anting, gelang, dan kalung yang terbuat dari ban bekas yang sangat menarik. Setelah workshop dan pameran selesai, kemudian dilanjutkan dengan Malam Puncak Hari Air yang akan dimulai pada pukul 19.00 WIB dengan berbagai macam hiburan dan kesenian seperti theater, puisi, tari, musik, dan stand up comedy yang di adakan di samping Rumah Noto. Acara Matigemi berlangsung lancar dengan diikuti oleh mahasiswa yang tertarik untuk mengenal lingkungan alam sekitar secara lebih dekat.

       “Dengan mengikuti acara Matigemi ini, saya menjadi lebih mengenal lingkungan sekitar, menambah wawasan mengenai lingkungan dan lebih memahami bagaimana cara menjaga dan merawat lingkungan dengan baik “Ujar Aidah Faizati, salah seoranng peserta Matigemi.

Penulis: Aprilia Wibowo, Mahasiswi Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Angkatan 2018, Maba Wajib LK Ascarya 2018/2019

Penyunting: Agata Mega Serlina Berti

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan via Surel

Masukkan alamat surel Anda untuk mendapatkan kabar terbaru dari Ascarya dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

KONTAK ASCARYA

Email: ascarya.feb@student.uksw.edu

Phone: 0858-4868-2470 (Armita)

Address: Jalan Diponegoro No. 52-60 Salatiga