Wednesday, 14/11/2018 | 9:52 UTC+0
Ascarya Journalistic Club

Dedikasi EBC bagi Peserta Maba Wajib LK 2017-2018

Kelompok Bakat Minat Economic Basketball Club (KBM EBC) FEB UKSW memulai latihan rutin bagi peserta Maba Wajib LK periode 2017/2018 pada Sabtu (07/10/2017) pukul 11.00 WIB di GOR Putra Abadi Salatiga. Michael Dandy, selaku Ketua KBM EBC, memaparkan beberapa agenda kegiatan yang akan berlangsung di EBC.

“Di EBC, jadwal latihan rutin untuk tim khusus diselenggarakan pada hari Rabu jam 20.00-22.00 WIB dan hari Minggu jam 19.00-21.00 WIB. Latian khusus disediakan bagi satu tim yang dipersiapkan untuk mengikuti lomba. Sedangkan, jadwal pertemuan Maba Wajib LK pada hari Sabtu jam 11.00-12.30 WIB dibuka bagi tim putri. Lalu, latihan dilanjutkan jam 12.30-14.00 WIB bagi tim putra. Jadi, latihan efektif untuk maba selama tiga jam” jelas Dandy.

Satu periode kepengurusan Maba Wajib LK EBC telah dipersiapkan oleh Dandy bersama fungsionarisnya. Salah satunya, mereka menyiapkan dua pelatih yang juga telah melatih EBC sejak periode yang lalu. EBC mendatangkan pelatih dari SMA Kristen 1 Salatiga dan pelatih yang juga berperan sebagai pemain LIMA (Liga Mahasiswa).  “Dengan berbagai persiapan yang telah dimulai, harapannya EBC bisa membawa FEB menang di Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) yang diadakan UKSW,” tambah Dandy.

 

Selain melatih basket putra, EBC juga memberi kesempatan bagi pemain putri yang memiliki bakat dan minat pada basket. Khususnya untuk persiapan Kambing Cup dan POM cabang olahraga basket  putri. Hal ini terlihat dari jumlah peserta putri yang mencapai 20 anggota yang ikut hadir pada sesi latihan kemarin. “Kami dari EBC juga tidak mengira jumlah maba yang tertarik ke EBC akan sebanyak ini, karena perbandingan dengan tahun sebelumnya,” kata Dandy. Dandy sudah merencanakan akan membuat jadwal khusus bagi tim putri untuk berlatih bertanding. Ia memilih lokasi Lapangan Kridanggo, lantaran ingin menghemat biaya. Namun, Dandy mengaku belum menentukan hari sebagai jadwal latihan tetap.

Dandy mengatakan EBC selalu welcome dengan mahasiswa ekonomi yang berminat untuk bermain basket. Dandy berpesan agar mahasiswa FEB antusias mengikuti latihan rutin EBC. Hal ini bertujuan agar angkatan 2017 bisa berpartisipasi dalam Kambing Cup. Sedangkan, angkatan 2016 dan angkatan 2015 dapat berfokus dalam latihan di tim khusus. Hal ini bertujuan agar proses seleksi lomba lebih matang persiapannya dan bisa jadi juara juga. Intinya, EBC memfasilitasi minat dan bakat mahasiswa FEB.

“Banyak hal yang bisa dipelajari dari mengikuti KBM EBC khususnya bagi mahasiswa baru yang memiliki bakat dan minat pada olahraga basket.Dalam latihan KBM EFC ada perbedaan sistem latihan untuk putra dan putri. Pada putri pelatihan ditekankan pada shooting , passing , dribbling kanan dan kiri, lay up. Intinya, basic-basic dalam permainan basket baru masuk ke strategi dalam permainan di lapangan. Sedangkan, pelatihan cowok sudah ditekankan ke segi fisik, teknik, serta pengembangan strategi di permainan basket itu sendiri”, tegas Dandy.

“Dari segi kepimimpinan, EBC ingin meningkatkan aspek profesionalitas. Itu sebagai fungsionaris anggota dari KBM. Sedangkan untuk Maba Wajib LK diajarkan aspek leadership dan manajerial ,” ujar Dandy. “Selain itu ada anggota EBC yang sudah mewakili UKSW di Liga Mahasiswa (LIMA) yaitu ada Bastian FEB 2014 dan Sunu Wicaksono FEB 2016 sehingga turut mengharumkan nama EBC FEB” tambah Dandy.

“Pesan dari saya pribadi sebagai ketua EBC untuk Maba Wajib LK 2017, harus rajin latihan sebagai bentuk tanggung jawab karena sudah memilih EBC, dengan mengikuti ketertiban Maba Wajib LK, yaitu enam kali wajib datang dan maksimal membolos empat kali selama satu periode 2017/2018. Saya berharap peserta makin banyak peminat basket di FEB UKSW”, tukas Dandy menutup pembicaraan.

 

Penulis utama : Dwi Panggah Febriyanto, mahasiswa jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, angkatan 2015, Staf Publikasi Ascarya Journalistic Club periode 2017-2018

Penulis tambahan : Yogie Bastian, mahasiswa jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, angkatan 2015, Redaktur Pelaksana Tulis Ascarya Journalistic Club periode 2017-2018

Penyunting: Armita Retno Wijayanti, mahasiswi jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, angkatan 2015, Pimpinan Umum Ascarya Journalistic Club periode 2017-2018

 

N.B : Foto didapat dari group LINE Publikasi Unit SMF

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan via Surel

Masukkan alamat surel Anda untuk mendapatkan kabar terbaru dari Ascarya dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

KONTAK ASCARYA

Email: ascarya.feb@student.uksw.edu

Phone: 0858-4868-2470 (Armita)

Address: Jalan Diponegoro No. 52-60 Salatiga