Monday, 18/12/2017 | 2:41 UTC+0
Ascarya Journalistic Club

SWRP Bawa Perubahan untuk Salatiga

Selasa, 24 November 2015, Bidang II Professional Skill Senat Mahasiswa Universitas (SMU) UKSW mengadakan talkshow tentang penelitian dan pengabdian masyarakat yang bernama Satya Wacana Research Party (SWRP). Acara yang berlangsung di Recital Hall Fakultas Seni Pertunjukan (FSP) ini mengusung tema “Satya Wacana Untuk Salatiga”. Acara ini bertujuan membuat mahasiswa UKSW lebih kritis dalam menangani permasalahan di sektor-sektor penting di Salatiga, contohnya lingkungan hidup, hukum, teknologi, pertanian, kesehatan, pendidikan, sosial dan budaya.

Arif Utomo selaku Ketua penyelenggara menjelaskan bahwa acara ini diadakan agar mahasiswa UKSW tidak hanya kritis dalam permasalahan di Universitas saja, tetapi juga di lingkungan Salatiga.

“Saya ingin melihat mahasiswa UKSW menjadi agen perubahan positif untuk Salatiga,” ujar Arif.

(Kiri-Kanan) Dina Rotua Valentina Banjar Nahor - Ferry F. Karwur - Bistok Hasihoalan Simanjuntak - Ariyanti Ina R. Hunga

(Kiri-Kanan) Dina Rotua Valentina Banjar Nahor – Ferry F. Karwur – Bistok Hasihoalan Simanjuntak – Ariyanti Ina R. Hunga

Acara ini menghadirkan tiga pembicara yang berasal dari macam-macam Fakultas. Ferry F. Karwur selaku Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, Bistok Hasihoalan Simanjuntak selaku Dekan Fakultas Pertanian dan Bisnis (FPB), dan Ariyanti Ina R. Hunga selaku Dosen Pasca Sarjana UKSW. Talkshow berjalan dengan arahan Dina Rotua Valentina Banjar Nahor sebagai Moderator.

Selain Talkshow, SWRP memiliki empat rangkaian acara. Rangkaian acara dibuka dengan Student Public Sphere of Satya Wacana Christian University (Super of SWCU) yang dilaksanakan pada Selasa, 24 September 2015. Dalam acara ini peserta berdiskusi tentang Kota Salatiga. Dari diskusi tersebut peserta dapat menggali fenomena yang ada di Salatiga serta mengetahui perkembangan Kota Salatiga. Rangkaian acara dilanjutkan dengan Periode Ilmiah Mahasiswa (PIM) yang dilaksanakan pada 9 Desember 2015 dan dikelola oleh Departemen Penelitian. Selanjutnya, acara DREAM of Satya Wacana yang dilaksanakn pada 5 Maret 2016 dan dikelola oleh Departemen Pengabdian  Masyarakat. Acara terakhir, Symposium Research yang dilaksanakan pada 22 Maret 2016 dan dikelola oleh Departemen Penelitian.

Acara SWRP  dihadiri oleh 70 orang peserta delegasi dari setiap fakultas di UKSW, kecuali Fakultas Teologi. Dalam rangkaian SWRP, Peserta Delegasi diarahkan untuk melakukan penelitian tentang Kota Salatiga dan diwajibkan mengikuti keseluruhan rangkaian acara.  Selain peserta delegasi, SWRP dihadiri oleh peserta umum yang hanya bisa mengikuti acara Super of SWCU dan Dream of Satya Wacana.

 “Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat, tidak hanya untuk mahasiswa yang berpartisipasi tetap juga dapat memberikan dampak positif untuk masyarakat Salatiga nantinya. Karena yang kami angkat untuk penelitian adalah seputar permasalahan yang ada di Salatiga,” tutur Annisa Indria Ningrum, peserta delegasi dari Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi PGSD.

Ferry Endah Aryati, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Akuntansi, Angkatan 2014. Jurnalis Ascarya.

Penyunting: Indrika Dermadibyo Tiranda

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan via Surel

Masukkan alamat surel Anda untuk mendapatkan kabar terbaru dari Ascarya dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

KONTAK ASCARYA

Email: ascarya.feb@student.uksw.edu

Phone: 0858-4868-2470 (Armita)

Address: Jalan Diponegoro No. 52-60 Salatiga