Monday, 18/12/2017 | 2:44 UTC+0
Ascarya Journalistic Club

Gandang Inginkan KSA Sebagai Wadah Aspirasi Mahasiswa Akuntansi FEB

 Senin, 10/06/2014, KSA (Kelompok Studi Akuntansi) mengadakan acara yang diberi nama “Pesta 23”. Acara ini merupakan sebuah orasi sekaligus pemilihan ketua KSA periode 2014-2015. Dalam acara ini berlangsung orasi dari ketiga calon ketua KSA,yaitu Erwin Hindarto, Adrian Lidgal Lili, dan Gandang Adi Kurniatama.

     Saat diwawancarai kemarin, Gandang sebagai Ketua KSA terpilih periode 2014-2015, mengatakan bahwa motivasinya untuk mencalonkan diri sebagai Ketua KSA adalah karena ia memiliki rasa tanggung jawab yang besar untuk KSA. Gandang menambahkan pula bahwa sebenarnya dia tidak yakin dapat terpilih menjadi ketua karena kandidatnya adalah orang-orang yang kreatif dan inovatif. Dan pada akhirnya dengan segala usaha, terpilihlah dirinya menjadi ketua.

      Ketika disinggung mengenai visi-misi. Gandang menjelaskan bahwa visi-misi dari calon ketua KSA semuanya sama. Ide untuk menyamakan misi itu datang dari dirinya dan kandidat ketua terpilih. Karena menurut mereka apabila dirinya membuat misi sendiri berarti seluruh anggotanya harus mengikuti visi tersebut. Padahal menurutnya visi atau keinginan mereka belum tentu sama. Jadi apa yang Gandang dan teman-teman di KSA inginkan, itulah yang menjadi visinya.

     Visi calon ketua KSA adalah menjadikan KSA sebagai wadah untuk mahasiswa FEB khususnya akuntansi agar bisa menyalurkan aspirasinya juga membantu mahasiswa akuntansi FEB menjadi orang yang kreatif, inovatif dan terus memiliki profil organisasi yang bagus supaya menjadi pribadi yang kompetitif di duni kerja.

     Gandang menyebutkan bahwa misi yang akan dia jalankan untuk KSA periode 2014-2015 ini adalah menampung, menyeleksi dan mengusahakan aspirasi mahasiswa akuntansi. Mengutamakan musyawarah dalam organisasi supaya bisa mencapai mufakat, membantu mahasiswa akuntansi feb dibidang kompetensi hard skill, memfasilitasi anak-anak akuntansi supaya lebih mengenal seperti apa dunia kerja, membuat kegiatan KSA lebih fun, menjalin hubungan yang baik dengan unit-unit FEB, dosen-dosen FEB dan ingin menjalin hubungan baik dengan pihak luar FEB dan perusahaan serta universitas lain. Gandang mengatakan, untuk menjalin hubungan dengan pihak luar dirinya akan melaksanakan studi banding ke universitas lain dan mengunjungi sebuah perusahaan. Gandang belum bisa menyebutkan universitas mana dan perusahaan apa yang akan dikunjungi karena belum ada pengajuan proposal pengajuan unit.

     Gandang mengatakan bahwa kekurangan KSA di periode sebelumnya masih banyak. Salah satunya adalah apa yang dikatakan oleh Ketua SMF, Arron Daud Unas dan ketua BPMF, Efratian Kristison bahwa KSA masih berada di zona nyamannya dengan kata lain KSA belum out of the box. Gandang sendiri dan teman fungsionaris sudah memiliki rencana pasti tentang apa yang akan dilakukannya untuk membuat KSA out of the box. Namun salah satu rencananya adalah, dirinya akan menampung aspirasi masyarakat akuntansi. Gandang mengatakan bahwa sebelum mengajukan proposal pengajuan unit dirinya akan membuat KSA menjadi wadah aspirasi bagi masyarakat akuntansi. Aspirasi tersebut bisa dalam bentuk surat yang dialamatkan ke kantor KSA atau bisa juga lewat e-mail yang ditujukan untuk KSA. Hal ini dilakukan agar anak-anak akuntansi bisa menyatakan keinginnya kepada KSA untuk kemudian diseleksi oleh KSA dan dilaksanakan.  Gandang juga menyatakan bahwa KSA dan KSM adalah organisasi yang dekat.

     Gandang dan ketua KSM terpilih, Yogi sudah merencanakan untuk membuat suatu acara yang bisa digolongkan sebagai acara bidang dua. Bukan hanya mengajak KSM saja, tetapi KSA juga berencana untuk mengajak BSP dan KSP untuk bersama membuat acara. Gandang belum bisa menyebutkan gambaran pasti acara apa yang akan dibuat hanya saja Ia mengatakan bahwa keinginan itu sangat kuat. Gandang mengatakan bahwa perasaannya ketika terpilih menjadi ketua KSA seperti nano-nano. Ia mengatakan terpilih menjadi ketu KSA membuatnya bangga namun juga membuatnya merasa memiliki tanggung jawab besar di pundaknya sekaligus bisa membuatnya merasa senang. Gandang memiliki harapan untuk anggota baru KSA. Ia ingin anggota baru KSA kebih kreatif, inovatif, lebih solid dan lebih memiliki tanggung jawab menepati janji-janjinya waktu dulu diwawancara tapi tetap berkomitmen seperti apa yang mereka katakan di awal. Untuk Mahasiswa akuntansi harapan Gandang adalah supaya mahasiswa akuntansi lebih mau menyampaikan aspirasinya dan lebih terbuka pada KSA. Ia juga mengatakan apabila KSA mampu dan jika memang ide itu bagus bisa KSA usahakan.
(FAN/TIK)

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan via Surel

Masukkan alamat surel Anda untuk mendapatkan kabar terbaru dari Ascarya dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

KONTAK ASCARYA

Email: ascarya.feb@student.uksw.edu

Phone: 0858-4868-2470 (Armita)

Address: Jalan Diponegoro No. 52-60 Salatiga