Saturday, 21/10/2017 | 3:35 UTC+0
Ascarya Journalistic Club

Ketua SMF periode 2014-2015 Benar-Benar Murni Suara Mahasiswa FEB

Beta Ubaya Nindya, selaku Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Fakultas Ekonomika dan Bisnis (BPMF FEB) periode 2014-2015 Terpilih, menjelaskan sistem Pemilihan Penetapan Ketua Senat Mahasiswa Fakultas (SMF) FEB periode 2014-2015. Sebelumnya, Beta memberikan apresiasi kepada Martin karena telah terpilih sebagai Ketua SMF periode ini. Selain itu, ia juga berterima kasih kepada teman teman LKF FEB dari Unit dan HMP yang sudah memilih hak suaranya dengan satu suara dalam memilih calon ketua SMF sehingga memperoleh hasil delapan suara untuk Martin, dua suara untuk Mirtha, satu suara untuk Agung dan satu suara untuk Rio.
  Dalam pemilihan penetapan Ketua SMF periode ini, BPMF FEB menggunakan sistem hak suara dengan satu suara. Beta Saat ditanya mengenai alasan mengapa ia menggunakan sistem ini, jawabannya terdengar simple dan tegas, “karena kami ingin transparan dan demokratis.” Selanjutnya ia menerangkan bahwa sebelum berbicara tentang demokratis, kita harus mengetahui terlebih dahulu demokratis itu yang seperti apa. “Jadi demokratis setiap kondisi itu berbeda. Jadi demokratis menurut FEB UKSW adalah BPMF yang membentuk Ketua Senat. Nah namun, kali ini BPMF tidak menghalangi suarasuara mahasiswa dan dari unit yang nantinya senat akan menaungi dari unit-unit dan KBM yang ada. Sehingga kami membutuhkan pertimbangan itu,” begitu yang dipaparkan oleh Beta.
Untuk kriteria penilaian sendiri, Beta mengaku sudah menetapkan kriteria tersebut dari awal bahkan jauh sebelum pembukaaan pendaftaran calon Ketua Senat. ”Nah kita mencoba untuk netral, saya tidak condong ke suatu calon, jadi kita benar-benar murni. Istilahnya kita benar-benar yakin oleh kesepakatan presentase penilaian yang disepakati diawal. Dan apapun hasilnya, itu sesuai presentase yang kita sepakati. Jadi murni kita tidak melakukan kecurangan dalam menetapkan pemilihan Ketua Senat,” jelas Beta terang-terangan.
Adapun Presentase penilaian yang sudah disepakati bersama dalam pemilihan Ketua Senat, diantaranya,
  • 60 % dari wawancara bersama Ketua BPMF terpilih dan fungsionaris BPMF yang lanjut pada periode 2014- 2015.
  • 10% dari orasi.
  • 10% dari para Unit dan HMP.
  • 5% dari volling facebook.
  • 5% dari Fanpage.
Jadi semua nya itu jika dijumlah akan menjadi 100% dan sudah disepkati diawal dan ditandatangani oleh semua satgas. Dan memang yang terpilih pada malam hari ini, adalah Martin yang sudah sesuai dengan presentase yang telah kita tetapkan. Jadi, kita tidak bisa berbuat apaapa, karena kebijakan itu sudah kita tetapkan diawal,” ungkap Beta usai Rapat Penetapan Ketua Senat (2/6/2014).
Sebagai Ketua BPMF terpilih di periode ini, Beta sempat mengatakan bahwa menjadi seorang Ketua BPMF adalah tanggung jawab yang berat baginya. “Istilah nya bukan sebagai posisi atau sebagai kekuasaan tetapi bagaimana kita mau mengayomi mahasiswa dengan visi misi yang sudah ditentukan. Kita mengayomi mahasiswa dengan LKF yang lain khususnya dengan ketua SMF FEB di periode 2014-2015,” jelas penuturan yang disampaikan oleh Beta.
Beta menjelaskan rencana terdekat yang akan dilakukannya setelah ini bersama Ketua SMF terpilih. Ia ingin focusterlebih dahulu pada jobdesc-nya masing-masing, yaitu membentuk struktur organisasi BPMF dan Martin membentuk Kabinet di SMF. Kemudian rencana setelah itu, mereka berdua akan bersilahturahmi dengan wakil dekan dan korbidkem terpilih yang sekarang menjabat. Dan barulah, mereka berdua akan memikirkan apa yang akan dilakukan sesuai dengan visi misi mereka. “Nah ada wacana, bahwa kita mau menjaring aspirasi mahasiswa terkait dengan unit-unit yang ada, yaitu terkait dengan aturan bahwa mahasiswa baru wajib LK,”ucap Beta dengan tegas ketika menyampaikan wacana mereka.
                                                                                                              By, Hanz, Grace, Tika

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan via Surel

Masukkan alamat surel Anda untuk mendapatkan kabar terbaru dari Ascarya dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

KONTAK ASCARYA

Email: ascarya.feb@student.uksw.edu

Phone: 0858-4868-2470 (Armita)

Address: Jalan Diponegoro No. 52-60 Salatiga