Saturday, 21/10/2017 | 3:34 UTC+0
Ascarya Journalistic Club

Social Evening FUSION 2013

Post by relatedRelated post

Fakultas Ekonomika dan Bisnis kembali menggelar acara tahunan yang wajib di ikuti oleh mahasiswa angkatan baru, yaitu Social Evening. Acara ini di laksanakan dari tanggal 7, 14, 15 September 2013, yang di laksanakan di Balairung Utama dan Tlogo Plantation Resort.
“ Fusion berasal dari singkatan fun education for economic generation, jadi intinya acara ini tidak ada gojlokan sama sekali, seperti yang tahun sebelumnya. Tahun ini sesuai dengan temanya yang fun, dengan cara ini kami mendidik peserta, selain itu Fusion sendiri artinya percampuran, karena FEB terkenal dengan mahasiswa – mahasiswinya yang berasal dari berbagai pulau, suku, maka dari itu nama kelompoknya kami ambil dari nama – nama suku, jadi di acara ini mereka campur menjadi FEB. “ Tutur Dimaz Ramananda, selaku ketua social evening.
Tujuan dari acara ini, mempersatukan mereka menjadi angkatan yang solid, mendidik mereka secara aras fakultas, menjadikan mereka lebih aktif dalam kegiatan kampus atau mengikuti organisasi, mendukung fakultas ekonomi secara akademik maupun non-akademik.
Secara konsep acara sama dengan tahun sebelumnya, hanya perbedaannya seperti : tenda yang biasanya di bawa dan di dirikan oleh peserta, ini tidak terlihat karena panitia sudah memasangkan tenda yang berasal dari Semarang. Berbeda dengan tahun sebelumya yang memakai atribut, untuk tahun ini di tiadakan, karena adanya surat keputusan rektor yang tidak memperbolehkan menggunakan atribut yang mengarah ke gojlokan. Selain itu, acara talent show di jadikan satu hari. Di karenakan permintaan pihak fakultas dan panita yang menyesuaikan dengan jadwal peserta. Lalu, adapula lomba memasak. Outbound yang biasanya menggunakan partner dari luar, untuk kali ini Mitra Grahana ikut berpartisipasi. 
“Sebenarnya panita berencana mengadakannya di Pantaran, tapi panitia mengalami kesalahpahaman dengan pihak fakultas yang ternyata acara ini tidak boleh di satukan dengan kegiatan OMB. Oleh sebab itu panita menjadi solusi terbaik dengan di hadapi kesulitan yang ada, terpilihlah Tlogo sebagai tempat di selenggarakannya acara ini,” tutur Dimaz
Jumlah peserta yang mengikuti acara ini yaitu 630 orang, panita dan wali ada 70 orang.
Menurut Dimaz antusiasme peserta secara keseluruhan bagus, dari mencari tanda tangan panitia yang hanya di berikan waktu satu minggu, mereka juga tidak terlalu mengeluh dengan tugas yang di berikan oleh panita, mereka juga tahu manfaat ikut acara ini seperti apa. Selain itu dari ketua angkatan yang mendaftar tahun ini ada tujuh orang, tanpa di suruh atau di bujuk oleh walinya, tetapi mereka langsung mencalonkan diri tanpa paksaan.
Proses pemilihan ketua angkatan ini di sortir dari tim ketua angkatan 2011 dan 2012, BPMF dan SMF. Kandidat ketua angkatan 2013 ini di wawancarai oleh ketua angkatan sebelumnya. Panita hanya memfasilitasi mereka untuk mencalonkan diri menjadi ketua angkatan 2013.
“ Bisa mempersatukan angkatan, dengan adanya kegiatan yang banyak di FEB ketua angkatan bisa mengajak seluruh teman – teman angkatanya aktif berpartisipasi. “ pesan yang di sampaikan dari ketua sosev untuk ketua angkatan yang terpilih.
Lina, kelompok Ambon.
Q : Bagaimana kesanmu mengikuti socev Fusion ?
A : kesan saya menyenangkan, mengesankan, dan menambah wawasan dalam hal pendidikan kita untuk bisa mandiri.
Q : Manfaatnya mengikuti socev Fusion ?
A : Bisa berpikir lebih luas lagi, peduli terhadap lingkungan yang ada di sekitar kita, karena saya melihat antusiasme masyarakat sekitar mengikuti acara pengabdian masyarakat.
Q : Sesi yang paling menarik dalam mengikuti socev Fusion ?
 A : Masak bersama, karena bisa berkumpul dan berbagi cerita.
Q : kesan dan pesan untuk panitia socev Fusion ?
A : kesan saya terhadap panitia, acara ini sangat bagus. Pesannya untuk panitia mungkin bisa di tingkatkan lagi untuk inovasi dan kreatifitas acaranya, fasilitas yang memadai seperti kamar mandi yang terbatas, serta tidak banyak aturan untuk hal – hal yang kami mahasiswa baru perlukan.
Adi Wijaya, Kelompok Sunda.
Q : Bagaimana kesanmu mengikuti socev Fusion ?
A : kegiatannya sangat menarik dan seru. Seperti kegiatan masak bersama, menata tenda, menyanyi yel – yel bersama, dan kegiatan memilih ketua angkatan.
Q : Manfaatnya mengikuti socev Fusion ?
A : saya  merasakan manfaat yang sangat besar, seperti melatih kebersamaan, melatih kerjasama, melatih gotong royong, saling membantu dan saling membutuhkan.
Q : Sesi yang paling menarik dalam mengikuti socev Fusion ?
 A : Masak bersama, karena kegiatan itu sangat lucu, kebingungan dalam hal memasak.
Q : kesan dan pesan untuk panitia socev Fusion ?
A : kesan saya terhadap panitia, mereka baik dan seru. Pesannya panita kegiatan ini harus diadakan terus bukan setiap tahun, tetapi setiap semester, lalu harus berani yel – yel terutama untuk sie. Keamanan. Pesan saya untuk angkatan 2013 juga jangan lupakan anggota kelompok kalian, setelah penjurusan nanti semakin berpencar, jangan jandi indivudual tetap berkelompok dan bekerjasama.
Tomy Arianto, kelompok Melayu.
Q : Bagaimana kesanmu mengikuti socev Fusion ?
A : kesan saya asik, menyenangkan, dan heboh. Hebohnya seperti acara masak – masak ini waktunya terbatas dan pada sibuk masak.
Q : Manfaatnya mengikuti socev Fusion ?
A : Pastinya kebersamaan, kerjasama lebih besar dari sebelumnya. Untuk aras fakultas agar kita tidak malas dan lebih mandiri dalam perkuliahan.
Q : Sesi yang paling menarik dalam mengikuti socev Fusion ?
 A : Masak bersama.
Q : kesan dan pesan untuk panitia socev Fusion ?
A : kesan saya terhadap panitia, mereka baik sudah bekerja keras membantu kami. Pesannya panita harus tetap semangat walaupun pastinya mereka lelah, tapi tetap semangat.
Tanggapan warga setempat. Salah satu aksi sosial yang ada di Social Evening adalah penjualan sembako dan baju bekas. Menurut salah satu warga yang di wawancarai oleh Ascarya, mereka sangat senang dengan adanya aksi sosial ini.
“Desa ini terdiri dari tujuh dusun, tiap dusun di bagi 10-15 kupon sembako yang di bagi secara acak oleh kepala desa,” tutur ibu Fasimi yang baru pertama kali mengikuti aksi sosial.

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan via Surel

Masukkan alamat surel Anda untuk mendapatkan kabar terbaru dari Ascarya dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

KONTAK ASCARYA

Email: ascarya.feb@student.uksw.edu

Phone: 0858-4868-2470 (Armita)

Address: Jalan Diponegoro No. 52-60 Salatiga