Bangga, Fungsio Ascarya Raih Juara 2 Lomba Peksima UKSW Menulis Cerpen

BERITA, KAMPUS, SEPUTAR FEB, UKSW Tak ada komentar pada Bangga, Fungsio Ascarya Raih Juara 2 Lomba Peksima UKSW Menulis Cerpen

Kali ini kabar membanggakan datang dari salah satu mahasiswa yang juga menjadi fungsio Ascarya Journalistic Club. Mahasiswa tersebut adalah Aerine Eunike (mahasiswa program studi manajemen, 21) yang berhasil menjadi juara 2 dalam Lomba Peksima Tingkat Universitas Tangkai Lomba Cerpen.

Pada bulan Mei yang lalu, DEM UKSW mengadakan sebuah lomba, yaitu Lomba Peksima Tingkat Universitas tahun 2024. Lomba Peksima terdiri dari beberapa lomba, diantaranya lomba tari kreasi, lomba menyanyi dangdut, lomba menyanyi keroncong, lomba menyanyi pop, lukis, fotografi, baca puisi, monolog, penulisan lakon, dan lomba cerpen. Lomba cerpen yang diadakan ini bertemakan tentang cinta indonesia 

Motivasi Aerine dalam mengikuti lomba ini adalah ia ingin mencoba menuangkan imajinasi yang ada di dalam kepala menjadi sebuah karya tulis yang menarik. Selain itu, ingin mencoba mengembangkan dan mengasah kemampuan menulisnya

Ketika ditanya mengenai isi cerpennya, Aerine menjelaskan bahwa cerpen yang dibuatnya menceritakan tentang seorang dokter muda yang ditugaskan ke sebuah pulau terpencil dan kampung tersebut memiliki rumor masih ada yang kanibal. Dokter tersebut merasa enggan tetapi harus tetap menjalankan tugasnya agar dapat lulus koas. Selama dokter tersebut ditugaskan banyak kejadian yang tidak terduga. Dalam cerita ini ada sisi yang mengharukan pula, ketika membacanya mungkin kita akan terhanyut dalam ceritanya yang juga telah dikemas dengan rapi oleh Aerine sebagai penulis.

Alasan Aerine menulis cerpen adalah karena ia suka berimajinasi dan juga berusaha untuk mendokumentasikannya dengan mencatat imajinasinya tersebut. Ia juga menyampaikan bahwa ia sangat suka membaca karya-karya fiktif, seperti cerpen, novel, atau karya fiktif lainnya. Selain itu, Aerine lebih berfokus pada bahasa atau diksi yang digunakan pada karya yang ia baca ataupun buat, apabila diksi dari sebuah cerita yang dibaca menarik bisa membuat pembaca betah membaca karya yang dibuat. Hal ini juga menjadi bekal bagi aerine untuk belajar melakukan upgrade pada karya-karya cerpennya.  

Aerine juga memberikan saran dan tips buat teman-teman yang mau mencoba untuk menulis cerpen.

“Intinya pede aja dulu dan punya keinginan untuk menulis. Daripada ngarang cerita ga pernah tersalurkan, jadi mending langsung dituangkan dalam bentuk tulisan, toh nulis cerita fiksi ga perlu pake data fakta atau sumber yang harus disitasi kan” tuturnya.

“Tips dari aku sih yang tadi keinginan menulis itu penting, terus perbanyak literasi diksi biar kosakata jadi ga monoton. Hal yang aku tekankan sekali lagi adalah percaya diri aja dan biarkan imajinasi kalian berkeliaran”, pungkasnya. 

Penulis: Tim Redaksi Ascarya

 

Leave a comment

Back to Top