Wednesday, 7/12/2022 | 6:47 UTC+0
Ascarya Journalistic Club

Leaders Forum UKSW Indonesia 2045 : Sebuah Blueprint

        Dalam rangka menyikapi perubahan kondisi perekonomian dan politik Indonesia dalam era baru pada tahun 2045, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga menggelar Leaders Forum pada tanggal 10-13 Mei 2022 di Balairung UKSW. Leaders Forum resmi dibuka secara daring oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia Ir. Budi Karya Sumadi, Selasa (10/05/2022). Ir. Budi Karya Sumadi memberikan apresiasi positif mengenai terselenggaranya forum diskusi dengan berbagai elemen pembangun Indonesia dengan tema “Indonesia 2045 : Sebuah Blueprint”. Hari Pertama dalam forum ini menghadirkan narasumber dari tokoh politik dan sejumlah leaders lainnya seperti Gubernur Jawa Tengah, Bapak H.Ganjar Pranowo S.H., M.I.P., Pimpinan Wilayah BNI 05 Semarang, Bambang Setyatmojo, ST.,MM. Managing Director PT. Nojorono Tobacco International, Ir. Arief Goenadibrata, M.B.A., serta Dr. Subandi, PLt. Deputi Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan BAPPENAS. 

        Kemudian pada hari kedua, Rabu (11/05/2022) pemaparan materi diberikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono secara luring dengan materi mengenai “Pemanfaatan Potensi Kelautan Era 1000 Tahun indonesia”. Selain menteri KKP, terdapat pembicara seperti ULF M. Firman Hidayat, mewakili Menko Marivest Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan, Dr.Ir. Bambang Hendroyono,M.M., mewakili Dr.Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc. Menteri LHK, Dr. (H.C) Ir. Airlangga Hartanto, M.B.A., M.M.T. Menko Perekonomian, Dr. (H.C) Sudhamek AWS, S.E., S.H. Chairman Garudafood Dr. Ngadiman,S.H., S.E., M.Si. Ketua Umum ASPARNAS, dan Simon, S.Psi., M.B.A., Ph.D, Founder & Director Generics Indonesia. Setelah acara ini juga terdapat kegiatan UKSW Jazz yang berlangsung di Lapangan sepak bola UKSW dan juga besok petang dengan penampilan dari Syaharani

        Pada hari ketiga, Kamis (12/05/2022) ULF 2022 menghadirkan Yustinus prastowo, Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis, mewakili Menteri Keuangan Bidang Komunikasi, Sri Mulyani Indrawati, Arya Mahendra Sinulingga, Staf khusus kementerian BUMN, mewakili Erick Thohir serta beberapa leaders lainnya seperti Simon G. Bell Founder & Managing Director of Quantum Asia, Irawan Hidayat Owner PT. Jamu Farmasi SIDO MUNCUL, Tbk, dan Lianawaty Suwono Direktur BCA. Sesi pertama diisi oleh Simon G. Bell dengan materi yaitu “Masa Depan Dunia Melalui Energi Terbarukan”. Selanjutnya pada sesi kedua dibagi ke dalam dua bagian dengan bagian pertama pemaparan materi “Transformasi Ekonomi Indonesia Pasca Pandemi: Sebuah Roadmap Indonesia 2045” oleh Bapak Yustinus dan bagian kedua diisi oleh Bapak Irwan Hidayat dengan pemaparan materi mengenai “Strategi dan Kiat Membangun Industri Nasional Tangguh di Tengah-tengah Turbulensi pasar: Sebuah Proses Metamorfosa Tanpa Henti”. Pada sesi ketiga, Bapak Arya menjelaskan materi mengenai “SDM Indonesia Dalam Indeks Daya Saing Global (Global Competitiveness Index / GCI)”. Selanjutnya sesi terakhir, Ibu Lianawaty berkesempatan untuk sharing materi “Transformasi Digital Perbankan: Kiat dan Strategi Menuju Industri Perbankan Global”.

        Kemudian pada hari terakhir, Jum’at (13/05/2022) ULF 2022 menghadirkan Choi Min Chief Representative LG International, Pengusaha Muda Feris Ardianto S.Mn,RFP,, Ketua Umum Asosiasi Pariwisata, Dr.Ngadiman,S.H.,SE.,M.Sc. Komisaris Utama PT. Pertamina  Basuki Tjahaja Purnama, M.M.Selain menghadirkan narasumber dari politik dan pengusaha UKSW juga menghadirkan narasumber dari kaum milenial yang menjadi tokoh muda dan aktivis sosial seperti Cinta Laura Kiehl. Sesi pertama diisi dengan dua narasumber yaitu Choi Min yang menjelaskan materi “Masa Depan Energi Indonesia Dalam Perspektif Internasional” dan Bapak Ngadiman yang memaparkan mengenai “Bisnis Pariwisata sebagai Pilar Indonesia Maju”. Sesi selanjutnya yaitu mengenai “Performance Industri Nasional Dalam Persaingan Global – Sebuah Roadmap Indonesia 2045” oleh Bapak Basuki Tjahaja Purnama. Pada sesi ketiga, Bapak Feris Irdianto menyampaikan materi tentang “Energi Kaum Milenialis dalam Membangun Dunia Industri Masa Depan”. Pada sesi keempat, Cinta Laura menjelaskan materi tentang “Energi Besar Kaum Milenialis Dalam Tanggung Jawabnya Terhadap Kebhinekaan NKRI”. Setelah sesi keempat selesai diadakan upacara penutupan UKSW Leaders Forum Tahun 2022.

        Dengan adanya acara ini diharapkan para calon-calon pemimpin di masa yang akan datang dapat memproyeksi, menganalisa, sekaligus juga memanfaatkan diskusi dalam acara ini sebagai pijakan dalam membangun Indonesia.

Penulis : Tim Redaksi AJC

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan via Surel

Masukkan alamat surel Anda untuk mendapatkan kabar terbaru dari Ascarya dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

KONTAK ASCARYA

Email: ascarya.feb@student.uksw.edu

Phone: 0858-4868-2470 (Armita)

Address: Jalan Diponegoro No. 52-60 Salatiga