Sunday, 27/5/2018 | 4:02 UTC+0
Ascarya Journalistic Club

Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan ajak mahasiswa untuk mengenal manfaat program BPJS ketenagakerjaan sejak dini.

BPJS Ketenagakerjaan mengajak para mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, mengenali manfaat program BPJS ketenagakerjaan sejak dini melalui kuliah umum bertajuk 40 Menit Mengajar. Acara tersebut diadakan Selasa (21/11) di Balairung UKSW. Kegiatan ini dihadiri sekitar 400 mahasiswa sekaligus Rektor UKSW, Prof. John Titaley dan Prof. Christantius Dwiatmadja selaku Dekan FEB.

Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan M. Krisna Syarif bertugas sebagai pengajar dan didampingi oleh Asisten Deputi Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Jateng dan DIY, Helmi Setiani. Beliau memberikan gambaran pentingnya jaminan sosial yang merupakan program pemerintah sebagai bentuk kepedulian dan perlindungan terhadap rakyat Indonesia.

 

Krisna mencontohkan manfaat Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP), dan Jaminan Kematian (JKM) untuk jangka panjang. Dari hal tersebut diharapkan orang tua tidak lagi bergantung atau membebani anak bahkan keluarga. Misalkan untuk JKM, BPJS Ketenagakerjaan hadir dengan memberikan santunan kepada ahli waris sebesar Rp24 juta di antaranya untuk biaya pemakaman sebesar Rp3 juta.

 

Helmi Setiani menambahkan bahwa BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan perlindungan kepada para peserta program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) yang memberikan pendampingan dan pengobatan sampai sembuh total

 sesuai indikasi medis.

Kegiatan mengajar yang dikemas dalam bentuk kuliah umum dengan tema “40 Menit Mengajar” tersebut merupakan rangkaian menyambut HUT ke-40 BPJS Ketenagakerjaan. Acara ini juga akan dilaksanakan di 50 universitas di seluruh Indonesia. Salah satunya UKSW menjadi universitas ke 3 yang dikunjungi oleh BPJS ketenagakerjaan. Di setiap kuliah umum tersebut, BPJS Ketenagakerjaan menjelaskan mengenai program-programnya. Program tersebut diantaranya: Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Pensiun, dan Jaminan Kematian (JKM). Bukan hanya itu saja, pembicara juga menjelaskan manfaat yang diperoleh oleh para peserta BPJS Ketenagakerjaan. Dan diharapkan setelah lulus dan masuk dalam dunia kerja baik sebagai pelaku usaha maupun pekerja profesional, mahasiswa dapat terlindung dengan program BPJS Ketenagakerjaan.

 

Dessy Citra Tiarantikamahasiswi jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, angkatan 2016, anggota magang KBM Ascarya Journalistic Club periode 2017-2018

Penyunting: Theresia Gracia Agatha

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan via Surel

Masukkan alamat surel Anda untuk mendapatkan kabar terbaru dari Ascarya dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

KONTAK ASCARYA

Email: ascarya.feb@student.uksw.edu

Phone: 0858-4868-2470 (Armita)

Address: Jalan Diponegoro No. 52-60 Salatiga