Gelar Inovasi Harmoni Nusantara (GIHN) Tahun 2024, Berbeda dari Tahun Sebelumnya dan Menggemparkan Seluruh Warga Universitas Kristen Satya Wacana

KAMPUS, UKSW Tak ada komentar pada Gelar Inovasi Harmoni Nusantara (GIHN) Tahun 2024, Berbeda dari Tahun Sebelumnya dan Menggemparkan Seluruh Warga Universitas Kristen Satya Wacana

Gelar Inovasi Harmoni Nusantara atau yang lebih dikenal dengan GIHN Universitas Kristen Satya Wacana tahun 2024 yang bertema “Menumbuhkembangkan Kepemimpinan yang kreatif, Inovatif dan Berdaya Dampak”. Kegiatan tersebut berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Gelar Inovasi Harmoni Nusantara (GIHN) pada tahun ini diselenggarakan selama tiga hari yaitu pada tanggal 25-27 Juni 2024, kegiatan tersebut berlokasi pada halaman universitas dan terbuka untuk umum, hal tersebut tidak membatasi hanya warga UKSW saja yang dapat menikmati dan memeriahkan kegiatan tersebut tapi seluruh warga Salatiga dan sekitarnya juga dapat menikmati dan memeriahkan kegiatan Gelar Inovasi Harmoni Nusantara (GIHN) tahun 2024. Gelar Inovasi Harmoni Nusantara (GHIN) pada tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena UKSW mendatangkan beberapa universitas mitra untuk turut memeriahkan kegiatan ini, universitas yang didatangkan di antaranya yaitu Universitas Sebelas Maret, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Negeri Surabaya, dan beberapa universitas lainnya.

Pada kegiatan Gelar Inovasi Harmoni Nusantara (GHIN) mengundang beberapa pembicara pada seminar yang diselenggarakan dan guest star Alin Jo yang merupakan penyanyi X-factor Indonesia yang memeriahkan acara penutupan. Kegiatan Gelar Inovasi Harmoni Nusantara (GHIN) memberikan kesempatan kepada seluruh fakultas dan universitas mitra untuk memamerkan karya inovasi, pada stan yang telah disediakan oleh UKSW sendiri. Karya inovasi yang dipamerkan pada kegiatan Gelar Inovasi Harmoni Nusantara (GHIN) ada yang berupa makanan dan minuman dari hasil eksperimen dengan manfaat tersendiri, ada juga yang memamerkan hasil produk yang dibuat setiap mahasiswa pada bidangnya masing-masing dan terdapat banyak UMKM yang ikut serta dalam memamerkan makan dan minuman yang mereka sediakan. Selain itu setiap fakultas yang memamerkan inovasi mereka yang paling mencolok dan menarik akan mendapatkan hadiah dan penghargaan sebagai fakultas dengan inovasi terbaik pada tahun 2024. Hal tersebut dapat memotivasi setiap fakultas dan mahasiswa untuk menyiapkan inovasi terbaik yang dipamerkan. 

Gelar Inovasi Harmoni Nusantara (GHIN) yang diselenggarakan selama tiga hari, untuk hari pertama pada tanggal 25 Juni 2024, kegiatannya yaitu Pembukaan Gelar Inovasi Harmoni Nusantara (GHIN), pameran inovasi, festival MBKM, puluhan UMKM, presentasi riset unggul, dance “Harmoni Indonesia”, music performance dan Mutiara Timur Choir. Pada hari yang kedua tanggal 26 juni 2024, kegiatan yang diselenggarakan adalah seminar Indonesian leader lounge untuk seminar yang pertama dengan pembicara adalah Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno yang merupakan Menteri Kemenparekraf dan pembicara kedua adalah Sumarno, S.E., M.M yang merupakan sekda Jateng. Seminar yang kedua adalah seminar leadership dengan tema “Leading With Innovation and Influence: Gen Z Navigating Challenging Times”, dengan pembicara Prof. Rhenald Kasali, Ph.D. yang merupakan akademisi dan praktisi bisnis, dan Timothy Marbun yang merupakan executive producer and news anchor kompas TV. Pada hari ketiga tanggal 27 Juni 2024 kegiatannya yaitu seminar rektor dan penutupan Gelar Inovasi Harmoni Nusantara (GHIN), pada seminar hari ketiga yaitu Young Leader Pov: Karya dan Bangsaku, dengan pembicara Feris Ardianto yang merupakan VP PT inti Persero, Dr. Rizki Edmi Edison yang merupakan diaspora Indonesia-Ilmuwan neurosains dan Andovi Da Lopez yang merupakan influencer/content creator. Acara penutupan dimeriahkan oleh guest star: Alvin Jo, UKSW fashion day: mahkota budaya Indonesia, presentasi your proud dan freshman concert.

 

Penulis: Tim Redaksi AJC

Leave a comment

Back to Top