Diawali dengan Mengejar Sertifikat, Berakhir Terpikat?

BERITA, KAMPUS, MWLK, SEPUTAR FEB, UKSW Tak ada komentar pada Diawali dengan Mengejar Sertifikat, Berakhir Terpikat?

 

Tepatnya pada tanggal 17 Februari 2024 seluruh bagian dari HMP maupun KBM FEB UKSW melakukan open recruitment peserta MWLK. MWLK sendiri merupakan salah satu kegiatan wajib yang diikuti oleh mahasiswa FEB UKSW sebagai syarat kelulusan. Mahasiswa diwajibkan mengikuti HMP ataupun KBM yang diminati dan bukan hanya mengikuti tetapi juga mahasiswa diwajibkan untuk lulus dalam kegiatan MWLK sendiri. Salah satu KBM yang ada di FEB UKSW sendiri adalah Ascarya Journalistic Club (AJC) yang telah berdiri lebih dari 20 tahun. Sebagai bagian dari unit KBM FEB UKSW, AJC sendiri juga memiliki kegiatan salah satunya adalah MWLK. 

Rangkaian kegiatan Maba Wajib Lembaga Kemahasiswaan (MWLK) yang diselenggarakan oleh Ascarya Journalistic Club FEB UKSW berakhir dengan sukses. Acara penutupan yang diselenggarakan pada 28 Juni dengan menghadirkan kegiatan Jelajah Media ke Kota Semarang sebagai puncak dari serangkaian kegiatan dalam membangun kapasitas dan pengetahuan bagi para peserta.

Kegiatan ini dimulai pada tanggal 6 April hingga 25 Mei lalu diisi dengan berbagai sesi materi dan pelatihan yang bertujuan untuk mengasah kemampuan kepemimpinan, keterampilan jurnalistik, dan pemahaman yang lebih dalam tentang jurnalistik. Para peserta tidak hanya diberikan teori, tetapi juga kesempatan untuk mempraktikkan ilmu yang mereka pelajari melalui simulasi dan proyek jurnalistik.

Hari terakhir kegiatan MWLK Ascarya Journalistic Club diisi dengan kegiatan Jelajah Media ke Kota Semarang, dengan destinasi TVRI Jateng, Sam Po Kong, dan Kota Lama. Saat di TVRI Jateng, para peserta berkesempatan untuk bertemu dan berdiskusi langsung dengan para profesional media serta melihat secara langsung proses kerja di dalam redaksi. Kemudian, saat di Sam Po Kong dan Kota Lama, para peserta mempraktikkan langsung teori yang sudah dipelajari saat kegiatan MWLK, dengan mewawancarai para pengunjung lokasi tersebut. Kegiatan ini memberikan pengalaman berharga bagi para peserta untuk memahami tantangan dan dinamika dunia jurnalistik yang sesungguhnya.

Dalam sebuah kesempatan kami melakukan wawancara kepada tiga orang peserta MWLK mengenai kesan dan pesan menjadi bagian peserta MWLK. 

“Bagaimana kesan dan pesan dari kalian setelah mengikuti kegiatan MWLK ini? ” tanya Defitri. 

“Sangat amat sangat seru sekali. ’’ jawab Aqilla. 

“Ya, sangat seru banget.” jawab Ivana.

“Seru banget.” jawab Syela.

“Awalnya yang membuat tertarik mengikuti MWLK ini kenapa?” tanya Wanda.

“Awalnya itu mau mendapatkan sertifikat saja, dan diawal waktu pendaftaran mwlk itu kita ditarik untuk masuk ke pendaftaran MWLK Ascarya,” jawab Ivana.

“Iya di awal kita agak ragu sebenarnya buat join, karena kan tujuan kita buat dapat sertifikat MWLK aja,” jawab Aqilla. 

“Iya, aku pun ikut mereka sama tujuannya buat dapat sertifikat kelulusan MWLK,” jawab Syela. 

Wawancara dilakukan oleh dua orang anggota fungsio dari divisi redaksi yaitu Defitri dan Wanda dengan mengajukan beberapa pertanyaan lainnya. 

“Adakah hal lainnya yang membuat kalian berkesan untuk join dari MWLK Ascarya ini?” tanya Defitri. 

“Kita di kasih iming-iming bakalan ada event jalan-jalan ke Semarang” jawab Ivana.

“Katanya join MWLK Ascarya itu mudah dan ga ribet,” jawab Aqilla.

“Katanya bakalan ada reward dan hadiah menarik,” jawab Syela 

“Terus setelah mengikuti MWLK ini apa hal menarik dari keikutsertaan kalian menjadi peserta MWLK Ascarya ini?” tanya Wanda.

“Pastinya sangat seru sekali dapat banyak pengetahuan dan bisa explore mengenai banyak hal,” jawab Aqilla. 

“Banyak banget benefit dari kegiatan ini seperti jadi tau mengenai penulisan berita, pembuatan karya, liputan, maupun public speaking,” jawab Syela. 

“Benar seperti yang dipromosikan kalau banyak banget hal yang didapatkan salah satunya benefit ilmu dan banyak banget reward yang aku dapat kaya e-money, hehehe.” jawab Ivana disertai nada bercanda. 

Adapun pertanyaan terakhir yang kami ajukan sebagai penutup wawancara.

“Setelah kalian join kegiatan MWLK ini, kalian ada kepikiran tidak untuk join jadi fungsio organisasi apa? atau mau join jadi fungsio Ascarya tahun depan nerusin kita? Dan ga cuma itu banyak banget feedback ataupun benefit nya” tanya Wanda.

“Iya ada, boleh banget sih kalo bisa join jadi fungsio Ascarya, nanti bisa jadi pengalaman dan bersosialisasi dengan teman-teman,” jawab Ivana.

“Boleh sih, bisa menambah pengalaman dan relasi dengan teman-teman yang lain,” jawab Syela.

“Iya, nanti bisa jadi pengalaman selama di kampus, meningkatkan jiwa kepemimpinan dan meningkatan keterampilan jurnalistik,” jawab Aqilla.

Kegiatan MWLK Ascarya Journalistic Club tidak hanya memberikan pengetahuan dan keterampilan baru, tetapi juga membantu membangun jaringan sosial dan semangat kepemimpinan di antara para peserta. Diharapkan kegiatan serupa akan terus diadakan untuk mendukung pengembangan potensi akademik dan kepribadian mahasiswa di UKSW.

 

Penulis: Tim Redaksi AJC

Leave a comment

Back to Top